Show simple item record

dc.contributor.authorYafie, Ilham Ali
dc.date.accessioned2020-12-21T02:09:38Z
dc.date.available2020-12-21T02:09:38Z
dc.date.issued2020-08-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1026
dc.description.abstractKarakter adalah tabiat kebiasaan yang perlu dimiliki oleh masing masing individu, sehingga membentuk karakter yang berbudi luhur adalah suatu kewajiban bagi setiap orang. Adapun termasuk karakter penting yang harus dimiliki setiap orang adalah karakter displin. Karena dengan karakter disiplin dapat menjadikan hidup seseorang menjadi lebih tertata dan teratur dalam segala aspek. Adapun tujuan dalam membentuk karakter adalah untuk mengembangkan potensi dasar seseorang agar berperilaku baik dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan salah satu karakter yang penting untuk dimiliki adalah karakter disiplin. Karakter disiplin tidak serta didapat secara langsung, namun membutuhkan proses dan pembiasaan. Berbagai organisasi dan lembaga pun selalu berinovasi dalam pendidikan disiplin ini, tidak terkecuali dalam lingkungan pendidikan khususnya pada lembaga sekolah, maka salah satu upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan membuat dan melaksanakan tata tertib sekolah. Sehingga siswa dan warga sekolah dapat bergaul, bersikap dan berkegiatan dengan disiplin sesuai dengan harapan dan tujuan sekolah. Berdasarkan latar belakang diatas maka dilakukan penelitian yang berjudul “pembentukan karakter disiplin siswa melalui penerapan tata tertib sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Darussa’adah Poncokusumo Malang” dengan tujuan mengetahui keadaan tata tertib yang diterapkan di SMP Islam Darussa’adah dan strategi-strategi dalam penerapan tata tertib sekolah untuk membentuk karakter disiplin siswa di sekolah tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah suatu rangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif terinci dan mendalam tentang suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan mendalam tentang peristiwa yang diteliti. Sedangkan metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini didapatkan bahwa keadaan tata tertib sekolah di SMP Islam Darussa’adah Poncokusumo mencakup 3 isi pokok yang berupa: 1). Jenis peraturan sekolah. 2). Jenis pelanggaran dan tindakan. 3). Sanksi pelanggaran. Tata tertib sekolah yang diterapkan dalam membentuk karakter disiplin siswa ini telah berjalan baik dan maksimal dengan dukungan semua pihak sekolah, sehingga menghasilkan siswa-siswa yang memiliki karakter disiplin. Adapun strategistrategi yang dilakukan pihak sekolah dalam penerapan tata tertib sekolah untuk membentuk karakter disiplin siswa adalah dengan melakukan sosialisasi, pembiasaan, keteladanan, pengawasan, sanksi (hukuman), evaluasi. Berbagai strategi tersebut membuahkan hasil yang baik, yakni kedisiplinan siswa yang semakin meningkat dari waktu sebelumnya. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran untuk kemajuan tata tertib sekolah dalam membentuk karakter disiplin di SMP Islam Darussa’adah Poncokusumo Malang adalah dengan memberikan penghargaan kepada siswa yang taat, patuh pada tata tertib dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Sehingga para siswa terpacu berlomba-lomba dalam meningkatkan prestasinya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTata Tertiben_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.titlePembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Penerapan Tata Tertib Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Darussa’adah Poncokusumo Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record