Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Penerapan Tata Tertib Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Darussa’adah Poncokusumo Malang
Abstract
Karakter adalah tabiat kebiasaan yang perlu dimiliki oleh masing masing
individu, sehingga membentuk karakter yang berbudi luhur adalah suatu kewajiban
bagi setiap orang. Adapun termasuk karakter penting yang harus dimiliki setiap
orang adalah karakter displin. Karena dengan karakter disiplin dapat menjadikan
hidup seseorang menjadi lebih tertata dan teratur dalam segala aspek.
Adapun tujuan dalam membentuk karakter adalah untuk mengembangkan
potensi dasar seseorang agar berperilaku baik dalam kehidupan sehari-harinya.
Sedangkan salah satu karakter yang penting untuk dimiliki adalah karakter disiplin.
Karakter disiplin tidak serta didapat secara langsung, namun membutuhkan proses
dan pembiasaan. Berbagai organisasi dan lembaga pun selalu berinovasi dalam
pendidikan disiplin ini, tidak terkecuali dalam lingkungan pendidikan khususnya
pada lembaga sekolah, maka salah satu upaya yang dilakukan sekolah adalah
dengan membuat dan melaksanakan tata tertib sekolah. Sehingga siswa dan warga
sekolah dapat bergaul, bersikap dan berkegiatan dengan disiplin sesuai dengan
harapan dan tujuan sekolah.
Berdasarkan latar belakang diatas maka dilakukan penelitian yang berjudul
“pembentukan karakter disiplin siswa melalui penerapan tata tertib sekolah di
Sekolah Menengah Pertama Islam Darussa’adah Poncokusumo Malang” dengan
tujuan mengetahui keadaan tata tertib yang diterapkan di SMP Islam Darussa’adah
dan strategi-strategi dalam penerapan tata tertib sekolah untuk membentuk karakter
disiplin siswa di sekolah tersebut.
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka peneliti melakukan penelitian
dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah
suatu rangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif terinci dan
mendalam tentang suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan mendalam
tentang peristiwa yang diteliti. Sedangkan metode dalam pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini didapatkan bahwa keadaan tata tertib sekolah di SMP
Islam Darussa’adah Poncokusumo mencakup 3 isi pokok yang berupa: 1). Jenis
peraturan sekolah. 2). Jenis pelanggaran dan tindakan. 3). Sanksi pelanggaran.
Tata tertib sekolah yang diterapkan dalam membentuk karakter disiplin siswa ini
telah berjalan baik dan maksimal dengan dukungan semua pihak sekolah, sehingga
menghasilkan siswa-siswa yang memiliki karakter disiplin. Adapun strategistrategi yang dilakukan pihak sekolah dalam penerapan tata tertib sekolah untuk
membentuk karakter disiplin siswa adalah dengan melakukan sosialisasi,
pembiasaan, keteladanan, pengawasan, sanksi (hukuman), evaluasi. Berbagai
strategi tersebut membuahkan hasil yang baik, yakni kedisiplinan siswa yang
semakin meningkat dari waktu sebelumnya.
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran untuk
kemajuan tata tertib sekolah dalam membentuk karakter disiplin di SMP Islam
Darussa’adah Poncokusumo Malang adalah dengan memberikan penghargaan
kepada siswa yang taat, patuh pada tata tertib dan berprestasi dalam bidang
akademik maupun non akademik. Sehingga para siswa terpacu berlomba-lomba
dalam meningkatkan prestasinya.