Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang
Abstract
Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik menjadi perhatian khusus bagi SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang dalam mencetak peserta didik yang berpengetahuan luas dan berakhlak mulia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang semakin bebas dalam masalah pergaulan, sehingga perlu adanya pengembangan kecerdasan spiritual melalui pendidikan dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di sekolah untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan-pengetahuan agama yang akan menjadi petunjuk bagi dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Ma’arif 02 yang terletak di Jalan Janti Barat 36 Kota Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam sudah melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui pendidikan dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di sekolah. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut guru menggunakan metode campuran seperti metode keteladanan dan metode pembiasaan. Hasil dari upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik dapat diaplikasikan secara langsung oleh peserta didik. Kegiatan tersebut dapat memberikan pengaruh yang baik bagi peserta didik baik dalam tingkat keimanan, ketaqwaan, dan ahlak peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan spiritual di sekolah ini banyak memberi manfaat bagi guru dan peserta didik, sehingga peserta didik mendapat wawasan pengetahuan agama Islam yang luas dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu bagaimana langkah ke depan dari SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang untuk dapat mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui kegiatan-kegiatan terutama dalam pendidikan agama Islam yang lebih menarik dan lebih baik agar dapat mencapai tujuan SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang denga mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertakwa melalui ajaran agama Islam Ahlussunah wal-Jamaah.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Kecerdasan Spiritual, Peserta Didik