Implementasi Program Kegamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sekolah Menengah Pertama Brawijaya Smart School Malang
Abstract
SMP Brawijaya Smart School Malang menunjukkan bahwa siswa memiliki karakter yang beragam, karena siswa SMP sedang mengalami masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa remaja, tidak jarang siswa SMP menunjukkan ketidakstabilan dalam perilakunya. Sekolah yang berada di bawah naungan Universitas Brawijaya ini memiliki visi dan misi untuk membentuk generasi penerus bangsa yang unggul dan berkarakter. Sekolah ini menawarkan program keagamaan untuk membentuk dan mengembangkan karakter siswa. Peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam dengan judul penelitian "Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Program Keagamaan di SMP Brawijaya Smart School Malang".
Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana rencana guru dalam membentuk pendidikan karakter melalui Program Keagamaan di SMP Brawijaya Smart School Malang. 2) Bagaimana guru mengimplementasikan karakter siswa melalui program keagamaan di SMP Brawijaya Smart School. 3) Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menilai karakter siswa melalui Program Keagamaan di SMP Brawijaya Smart School.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Brawijaya Smart School Malang. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tiga tahap utama yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP Brawijaya Smart School Malang telah menerapkan berbagai strategi untuk membentuk karakter siswa melalui program keagamaan. Hal ini meliputi perencanaan yang matang untuk menetapkan tujuan pembelajaran Al-Qur'an dan peningkatan kualitas pengajaran melalui pelatihan secara berkala. Implementasi dilakukan dengan guru sebagai panutan dalam kedisiplinan dan kerapian, serta pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan metode UMMI, beramal dan shalat berjamaah. Evaluasi secara berkala dilakukan untuk memantau kemajuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dan dalam mengembangkan karakternya melalui pengamatan dan observasi yang terstruktur.
Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Karakter