Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Peserta Didik di SMP Islam Muqorrobin Singosari
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air peserta didik. Penelitian ini di latar belakangi karena meskipun banyak literatur yang membahas pentingnya penanaman karakter cinta tanah air pada peserta didik, sedikit penelitian yang secara empiris mengevaluasi peran guru PAI dalam proses ini, terutama di lingkungan sekolah.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah yakni bagaimana strategi guru PAI dalam membentuk karakter cinta tanah air peserta didik, peran guru PAI dalam mengimplementasikan strategi pembentukan karakter cinta tanah air. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam membentuk karakter cinta tanah air peserta didik, peran guru PAI dalam mengimplementasikan strategi pembentukan karakter cinta tanah air di SMP Islam Muqorrobin Singosari.
Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang mengadopsi pendekatan study kasus, dilaksanakan di SMP Islam Muqorrobin. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa metode, termasuk observasi untuk mengamati, wawancara untuk mendapatkan informasi lisan dari narasumber serta dokumentasi untuk mencari data yang relevan dengan penelitian. Metode-metode ini dipilih untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang fokus permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) Guru PAI di SMP Islam Muqorrobin membentuk karakter cinta tanah air pada peserta didik melalui keteladanan, kedisiplinan, dan pembiasaan. Mereka menunjukkan sikap cinta tanah air, mengajarkan tanggung jawab dan keteraturan, serta mengadakan kegiatan rutin seperti upacara bendera, kerja bakti, dan aktivitas keagamaan. Ekstrakurikuler pramuka dan klub seni budaya juga mendukung ini. Nilai kebangsaan diintegrasikan dalam berbagai mata pelajaran dan kegiatan sekolah, dengan pendidikan agama mengajarkan bahwa cinta tanah air adalah bagian dari iman; 2) Guru PAI berperan sebagai fasilitator, pembimbing, model, dan motivator dalam membentuk karakter cinta tanah air pada peserta didik. Mereka memudahkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai kebangsaan, memberikan contoh nyata, menunjukkan sikap cinta tanah air melalui perilaku sehari-hari, dan memotivasi peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka sehingga nilai-nilai kebangsaan dapat diinternalisasikan dengan baik.
Kata Kunci : Peran, Guru, Karakter Cinta Tanah Air