Internalisasi Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bani Hasyim Singosari Malang
Abstract
Penelitian ini didasari oleh banyaknya masalah dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah krisis moral dan karakter pada peserta didik. Oleh karena itu, proses internalisasi karakter religius melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat penting bagi peserta didik agar mereka dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan, serta mengikuti ajaran serta nilai-nilai karakter religius dalam kehidupan mereka, sehingga mereka tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Peneliti merumuskan masalah, yakni (1) apa saja nilai-nilai karakter religius yang tedapat dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Bani Hasyim, (2) bagaimana penerapan internalisasi karakter religius melalui pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Bani Hasyim, (3) bagaimana hasil dari internalisasi karakter religius melalui pembelajaran pendidikan agama islam terhadap perilaku peserta didik di SMP Islam Bani Hasyim. Tujuan penelitain ini adalah untuk mengidentifikasi tentang nilai-nilai karakter religius yang tedapat dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Bani Hasyim, menganalisis penerapan internalisasi karakter religius melalui pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Bani Hasyim, dan mengevaluasi hasil dari internalisasi karakter religius melalui pembelajaran pendidikan agama islam terhadap perilaku peserta didik di SMP Islam Bani Hasyim. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Bani Hasyim Singosari dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, wakakurikulum. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan dan diperoleh dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa, (1) nilai-nilai karakter religius yang terdapat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ada beberapa nilai yaitu nilai iman dan taqwa nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, dan nilai toleransi. (2) penerapan nilai-nilai karakter religius di SMP Islam Bani Hasyim dilakukan melalui Melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa diajarkan untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Tuhan, menjadikan kejujuran sebagai prinsip dalam berinteraksi dengan sesama, menghargai kedisiplinan sebagai upaya untuk mencapai kesuksesan, dan menerapkan nilai toleransi dalam berbagai situasi kehidupan. (3) hasil dari internalisasi karakter religius melalui pembelajaran Pendidikan Agama islam menghasilkan pengaruh yang baik terhadap perilaku peserta didik,seperti lebih menghormati guru dan yang lebih tua, berkata yang jujur, bersikap sopan santun, disiplin dalam segala hal, dan saling menghargai satu sama lain.
Kata Kunci : Internalisasi, Karakter Religius, Pendidikan Agama Islam