Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak di TPQ Al-Amin Kebonagung Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Afifudin, Mochamad Firdaus
dc.date.accessioned 2020-12-21T02:10:26Z
dc.date.available 2020-12-21T02:10:26Z
dc.date.issued 2020-08-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1028
dc.description.abstract Orang tua merupakan orang pertama yang mengasuh, membesarkan, membimbing dan mendidik serta memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Orang tua juga bertanggung jawab kepada anaknya secara kodrat baik dilihat dari psikologis, paedagosis dan sosiologis. Lingkungan pertama yang dilalui anak adalah keluarga merupakan basis utama dalam memberikan pendidikan. Orang tua memiliki peranan penting dalam upaya pengembangan pribadi anak, tidak terkecuali dalam pengembangan dan pendidikan anak dalam menanamkan karakter yang baik. Pendidikan karakter adalah suatu usaha penanaman kebiasaan-kebiasaan yang baik sehingga anak tersebut mampu berperilaku sesuai dengan kebiasaan-kebiasaan yang telah ditanamkan dengan baik tersebut. Pendidikan karakter juga bisa diartikan sebagai bentuk dari suatu penanaman nilai-nilai karakter seperti kemampuan, kesadaran, pengetahuan, dan tindakan untuk mengaplikasikan nilai-nilai melalui pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, dan pendidikan moral yang bertujuan mengembangkan generasi baru agar mampu mengambil keputusan yang baik dalam aktifitas sehari-hari. Adapun tujuan dalam membentuk karakter adalah untuk mengembangkan potensi dasar seseorang agar berperilaku baik dan luhur dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan salah satu faktor anak memiliki karakter yang baik adalah melalui pendidikan di lingkungan keluarga, dalam hal ini orang tua bertindak sebagai pendidik dan di lingkungan pendidikan formal si anak, dalam hal ini bisa berlaku guru di sekolah atau guru di TPQ sebagai subjek pendidikan. Dari latar belakang diatas maka dilakukan penelitian yang berjudul “peranan orang tua dalam membentuk karakter anak di TPQ Al-Amin Kebonagung Malang” dengan tujuan mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari orang tua dalam membentuk karakter anak di TPQ Al-Amin Kebonagung Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif yang kerap digunakan menganalisis kejadian fenomena, atau keadaan sosial. Sedangkan metode dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam hal ini didapatkan bahwa perencanaan orang tua dalam membentuk karakter anak adalah dengan selalu memberikan pendidikan karakter di lingkungan rumah dan memberikan pendidikan karakter melalui lembaga pendidikan formal seperti sekolah dan TPQ yang menjunjung tinggi nilai-nilai karakter. Adapun pelaksanaan orang tua dalam membentuk karakter anak adalah dengan memberikan tauladan, pembiasaan dan pengawasan dalam hal bersikap sehari-hari. Sedangkan hasil yang diperoleh adalah anak menjadi lebih sopan, disiplin dan lebih rajin dalam beribadah. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran untuk meningkatkan karakter anak di lingkungan TPQ Al-Amin adalah sebaiknya selalu memiliki semangat dalam mendidik anak guna memiliki karakter yang mulia. Karena dengan memiliki karakter yang mulia dapat menjadikan kehidupan anak lebih terkontrol dalam kehidupan sehari-hari. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Orang Tua en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.title Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak di TPQ Al-Amin Kebonagung Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account