Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak di TPQ Al-Amin Kebonagung Malang
Abstract
Orang tua merupakan orang pertama yang mengasuh, membesarkan, membimbing dan
mendidik serta memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
Orang tua juga bertanggung jawab kepada anaknya secara kodrat baik dilihat dari psikologis,
paedagosis dan sosiologis. Lingkungan pertama yang dilalui anak adalah keluarga merupakan
basis utama dalam memberikan pendidikan. Orang tua memiliki peranan penting dalam upaya
pengembangan pribadi anak, tidak terkecuali dalam pengembangan dan pendidikan anak dalam
menanamkan karakter yang baik.
Pendidikan karakter adalah suatu usaha penanaman kebiasaan-kebiasaan yang baik
sehingga anak tersebut mampu berperilaku sesuai dengan kebiasaan-kebiasaan yang telah
ditanamkan dengan baik tersebut. Pendidikan karakter juga bisa diartikan sebagai bentuk dari
suatu penanaman nilai-nilai karakter seperti kemampuan, kesadaran, pengetahuan, dan
tindakan untuk mengaplikasikan nilai-nilai melalui pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti,
dan pendidikan moral yang bertujuan mengembangkan generasi baru agar mampu mengambil
keputusan yang baik dalam aktifitas sehari-hari.
Adapun tujuan dalam membentuk karakter adalah untuk mengembangkan potensi dasar
seseorang agar berperilaku baik dan luhur dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan salah
satu faktor anak memiliki karakter yang baik adalah melalui pendidikan di lingkungan
keluarga, dalam hal ini orang tua bertindak sebagai pendidik dan di lingkungan pendidikan
formal si anak, dalam hal ini bisa berlaku guru di sekolah atau guru di TPQ sebagai subjek
pendidikan.
Dari latar belakang diatas maka dilakukan penelitian yang berjudul “peranan orang tua
dalam membentuk karakter anak di TPQ Al-Amin Kebonagung Malang” dengan tujuan
mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari orang tua dalam membentuk karakter
anak di TPQ Al-Amin Kebonagung Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka peneliti melakukan penelitian dengan
metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Deskriptif yaitu penelitian yang berusaha
untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data kualitatif
yang dijabarkan secara deskriptif yang kerap digunakan menganalisis kejadian fenomena, atau
keadaan sosial. Sedangkan metode dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara,
dokumentasi.
Dalam hal ini didapatkan bahwa perencanaan orang tua dalam membentuk karakter
anak adalah dengan selalu memberikan pendidikan karakter di lingkungan rumah dan
memberikan pendidikan karakter melalui lembaga pendidikan formal seperti sekolah dan TPQ
yang menjunjung tinggi nilai-nilai karakter. Adapun pelaksanaan orang tua dalam membentuk
karakter anak adalah dengan memberikan tauladan, pembiasaan dan pengawasan dalam hal
bersikap sehari-hari. Sedangkan hasil yang diperoleh adalah anak menjadi lebih sopan, disiplin
dan lebih rajin dalam beribadah.
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran untuk meningkatkan
karakter anak di lingkungan TPQ Al-Amin adalah sebaiknya selalu memiliki semangat dalam
mendidik anak guna memiliki karakter yang mulia. Karena dengan memiliki karakter yang
mulia dapat menjadikan kehidupan anak lebih terkontrol dalam kehidupan sehari-hari.