Show simple item record

dc.contributor.authorNuha, Shalsa Alawiyah
dc.date.accessioned2020-12-21T02:10:57Z
dc.date.available2020-12-21T02:10:57Z
dc.date.issued2020-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1029
dc.description.abstractMotivasi merupakan dorongan atau kekuatan untuk melakukan suatu kegiatan agar apa yang diinginkan bisa tercapai. Dalam proses belajar sangat dibutuhkan motivasi belajar. Motivasi belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh bagaimana anak-anak giat belajar dan memahami pelajaran, tapi juga kondisi lingkungan belajar yang mendukung akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Al-Rifa’ie Gondanglegi tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji regersi sederhana. Perhitungan pengujian menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan belajar siswa kelas VIII B SMP Al-Rifa’ie Gondanglegi tergolong dalam kategori tinggi, dengan persentase 54% atau sebanyak 15 siswa dari 28 siswa dengan rata-rata 63,4643. Lingkungan belajar siswa kelas VIII B SMP Al-Rifa’ie Gondanglegi mayoritas mendukung untuk mereka belajar dan mempengaruhi motivasi belajar mereka. Baik dari diri mereka sendiri, orang tua, guru, teman-teman, keadaan sekolah juga masyarakat sekitar asrama. Motivasi belajar siswa kelas VIII B SMP Al-Rifa’ie Gondanglegi tergolong dalam kategori tinggi, dengan persentase 53% atau sebanyak 15 siswa dari 28 siswa dengan rata-rata 137,25. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa siswa kelas VIII B SMP Al-Rifa’ie Gondanglegi mayoritas memiliki motivasi yang tinggi. Dilihat dari pilihan angket yang mereka pilih, mayoritas memlilih untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru meskipun terdapat kesulitan, mereka akan tetap berusaha menyelesaikannya. Juga tingginya semangat mereka untuk berusaha dan belajar semaksimal mungkin. Berdasarkan hasil penelitian ini Nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari probabilitas 0,05. Lalu ditampilkan nilai R adalah 0,945 dan R Square sebesar 0,839. Hal ini menunjukkan pengertian bahwa motivasi belajar (Y) dipengaruhi sebesar 83,90 % oleh lingkungan belajar (X), sedangkan sisanya (100% - 83,90% = 16,10 %) dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh Lingkungan Belajar (X) terhadap Motivasi Belajar Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi para guru dan pihak sekolah agar dapat menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif bagi siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectLingkungan belajaren_US
dc.titlePengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Al-Rifa’ie Gondanglegien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record