Peran Orang Tua dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
Abstract
Orang tua memiliki peran penting dalam pendidikan agama Islam pada
anak, lingkungan keluarga ini merupakan lingkungan pendidikan pertama dan
utama dalam pendidikan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peran dan upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam
menguatkan dan menerapkan pendidikan agama Islam pada anak dan faktorfaktor yang dapat mengahambat penguatan pendidikan agama Islam `di lingkunan
keluarga.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, denganjenis
fenomenologi, dimana peneliti ingin mengungkapakan pengalaman manusia dan
perilaku yang tampak. Langkah awal yang dilakukan peneliti adalah dengan
meminta izin pada kepala desa untuk melakukan penelitian di desa Pujon kidul
kecamatan Pujon kabupaten Malang, selanjutnya peneliti menemui tokoh
masyarakat dan para informan. Selain itu peneliti juga mengumpulkan data dari
berbagai fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat yang terkait dengan
penelitian.
Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
observasi,wawancara, dan Dokumentasi. Obesrvasi merupakan kegiatan
pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dialkukan secara
sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan
cara tanya jawab secara lisan dan tulisan dengan sumber penelitian, wawancara ini
dilakukan kepada orang tua, aparat desa, dan guru pendidikan agama Islam di
desa Pujon Kidul, serta menggunakaan metode dokumentasi yaitu mencari data
mengenai hala- hal atau variable yang berupa catatan- catatan, transkip, buku,
surat kabar, makalah, laporan- laporan, agenda dan lain sebagainya.
Dalam penelitian ini, peran orang tua sangat penting dalam pendidikan
agama Islam anak. Orang tua sebagai pendidik, yaitu dengan mengajarkan dan
menanamkan pondasi awal keagamaan anak, seperti mengajarkan aqidah dasar
tentang Allah dan Rasul, rukun Islam, dan rukun Iman beserta kandungannya,
selain itu orang tua juga perlu menjadi suri tauladan yang baik bagi anak, dengan
vii
begitu anak dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan nyata dari orang tua.
Selain itu orang tua juga menjadi pelindung dan pemelihara keselamatan anak,
yaitu dengan memelihara kesehatan jasmani dan rohani anak.
Upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam menguatkan pendidikan
agama Islam di lingkungan keluarga adalah dengan mengajarkan dasar- dasar
pendidikan agama Islam sejak usia dini, menamkan etika yang baik pada anak,
mengajak anak senantiasa membiasakan diri dengan kegiatan- kegiatan
keagamaan, sehingga dengan begitu diharapkan anak akan terbiasa melaksankan
dan mengamalkan pendidikan agam Islam dalam kehidupannya, memilihkan
sekolah yang baik bagi anka, dan mendoakannya.
Peran orang tua terhadap penguatan pendidikan anak, tentu saja terdapat
faktor penghamabat, diantaranya adalah; kurangnya kesadaran orang tua tentang
tanggung jawab pendiidkan anak,pola asuh yang salah, kurangnya wawasan dan
pengetahuan orang tua, pergaulan anak, dan adanya kecanggihan tekhnologi
berupa smart phone.Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran- saran yaitu
tentang langkah- langkah yang seharusnya ditempuh oleh orang tua dalam
menguatkan pendidikan agama Islam anak di lingkungan keluarga di desa Pujon
Kidul, agar anak terbiasa mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupannya.