Implementasi Media Pembelajaran Power Point Interaktif dalam Membentuk Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang
Abstract
Metode konvensional yang kebanyakan sering diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam menjadikan pembelajaran ini sering dianggap sebagai pembelajaran yang membosankan, yang menerangkan melalui berceramah dan memberikan tugas saja, pembelajaran terkesan monoton dan membosankan, sehingga seringkali membuat peserta didik tidak fokus dan berakibat tidak memahami materi yang di ajarkan. Sehingga, menyebabkan hasil belajar peserta didik tidak sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini di latar belakangi oleh kebutuhan media pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan seperti apa penerapan media pembelajaran power point interaktif dalam membentuk kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 9 Malang, yang dibagi menjadi tiga fokus, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus atau penelitian lapangan. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap, yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perencanaan media pembelajaran power point interaktif di SMA Negeri 9 Malang yang dipersiapkan oleh guru, melalui modul ajar dengan tujuan untuk mengtahui media pembelajaran apa yang cocok digunakan pada tema yang akan di terangkan. Pada pelaksanaan power point interaktif yang digunakan disini yaitu power point interaktif yang menarik, praktis, dan efisien. Power point interaktif ini memuat beberapa elemen-elemen berupa tombol yang bisa diklik, animasi, transisi, hyperlink, kuis, dan video. Dengan tujuan dapat menarik peserta didik sehingga dapat fokus pada pembelajaran. Kemudian, evaluasi yang digunakan oleh guru disini yaitu refleksi pada saat diterangkan materi pembelajaran dan ketika materi pembelajaran telah selesai dijelaskan. Dan evaluasi yang digunakan disini juga menggunakan portofolio, evaluasi subjektif, sumatif, dan esai. Sehingga dari evaluasi ini dapat mengetahui evaluasi terhadap setiap individu peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi, Media Power Point Interaktif, Pendidikan Agama Islam