Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang. Penelitian ini di latar belakangi karena kebutuhan belajar peserta didik yang bermacam-macam tetapi pembelajaran masih bersifat konvensiasional. Sehingga perlu adanya pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, bagaimana proses implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan bagaimana implikasi implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, proses proses implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, serta implikasi implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena memperoleh informasi secara rinci dan lengkap dengan melalui perolehan data yang tertulis atau pun lisan dari beberapa narasumber. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi untuk mengamati, wawancara untuk mendapatkan informasi lisan dari narasumber serta dokumentasi untuk mencari data yang relevan dengan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, yang didapatkan adalah: 1) Langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam guru pendidikan agama Islam sudah mengimplementasikan langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi dengan baik, mulai dari pemetaan kebutuhan belajar peserta didik, perencanaan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan hasil pemetaan serta mengevaluasi dan merefleksikan pembelajaran yang sudah berlangsung; 2) Proses implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan pengelompokan peserta didik, diferensiasi konten, diferensiasi proses serta diferensiasi produk; 3) Implikasi dari implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam memberikan dampak positif terhadap minat peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari respon positif yang diberikan oleh guru terhadap partisipasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi. Respon positif guru menunjukkan bahwasannya minat yang lebih dalam proses pembelajaran. Peserta didik menunjukkan bahwa dengan pembelajaran berdiferensiasi memudahkan dalam pemahaman materi yang disampaikan pada proses pembelajaran, lebih fokus dalam proses pembelajaran serta video tidak terkesan monoton. Tantangan atau kendala yang sering terjadi dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi adalah persiapan yang membutuhkan waktu yang cukup lama.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam