Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Batu
Abstract
Pendidikan adalah sektor yang sangat menentukan kualitas hidup suatu bangsa, kegagalan pendidikan juga keberhasilan suatu bangsa. Oleh sebab itu untuk memperbaiki kehidupan suatu bangsa harus dimulai suatu penataan dalam segala aspek dalam pendidikan mulai dari aspek tujuan, sarana, pembelajaran aspek dan lainya yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran.
Penelitian ini berfokus pada permasalahan: (1) Bagaimana proses pembelajaran dalam menulis teks berita dengan menggunakan Think-Talk-Write (TTW) oleh siswa kelas VII SMP Ma’arif Batu (2), Bagaiamana peningkatan hasil menulis teks berita dengan menggunakan Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas VII SMP Ma’arif Batu, (3) Bagamaiana peningkatan perilaku siswa dalam menulis teks berita dengan penggunaan Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas VII SMP Ma’arif Batu.Sumber data dalam penelitian ini siswa SMP Ma’arif batu kelas VII.
Hasil penelitian di peroleh dari data tes dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung yang terdiri atas dua bagian. Hasil penelitian yang berupa tes hasil keterampilan menulis teks berita yang disajikan dalam bentuk kualitatif, sedangkan untuk hasil penelitian, sedangkan untuk hasil penelitian yang berupa disajikan dalam bentuk deskriptif presentase.
Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write keterampilan menulis teks berita sebagai media pembelajaran menulis teks berita. Dalam peningkatan proses, siswa meningkatkan respon yang baik setelah melakukan penerapan model pembelajaran siswa lebih bersemangat karena telah mempunyai gambaran yang lebih baik tentang kepenulisan menulis teks berita.
Berdasarkan simpulan yang telah disampaiakan di atas, maka maka di sampaiakan beberapa saran yang akan ditunjukan bebrapa pihak sebagai berikut. Bagi sekolah Menjadi suatu sumbangan pemikiran terhadap memilih slah satu model pembelajaran yang pas sehingga bisa menyenangkan sehingga kreativitas siswa terpancing dan siswa tidak merasa jenuh selama pembelajaran. Bagi guru bahasa indonesia di sarankan untuk menggunakan model pembelajaran Think-Talk- Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Bagi peneliti di sarankan dapat menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada materi yang lain. Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Think-Talk-Write (TTW)