Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari
Abstract
Model discovery learning merupakan pembelajaran yang dimana siswa menemukan sendiri pengetahuannya atau model pembelajaran berdasarkan penemuan siswa. Adanya model pembelajaran tersebut dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran teks laporan hasil observasi karena dapat menghubungkan pemuannya secara mandiri, hal tersebut memudahkan siswa dalam penyusunan teks laporan hasil observasi karena dapat melihat secara langsung objek disekitarnya yang akan diteliti.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari. Model pembelajaran discovery learning yang digunakan dalam penelitian ini ada kaitannya dengan materi teks laporan hasil observasi dan pembentukan karakter siswa melalui penanaman nilai-nilai profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan desain studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah adalah siswa-siswi kelas VIII C MTs Almaarif 01 Singosari. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi peserta didik kelas VIII C MTs Almaarif 01 yang melakukan pengamatan langsung lingkungan sekolah dengan penggunaan model pembelajaran discovery learning serta menerapkan perwujudan karakter yang positif pada diri siswa setiap harinya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data. Penyajian data dilakukan dengan mendeskripsikan dalam bentuk kalimat serta tabel, setelah itu dilakukannya penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari dengan mempersiapkan sesuai kurikulum merdeka. Mulai dari alur tujuan pembelajaran yang berguna sebagai penyusunan modul ajar, penilaian pembelajaran serta perencanaan lainnya. 2) Pelaksanaan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari dengan melaksanakan pembelajaran dari pertemuan hari pertama, hari kedua, dan hari ketiga di kelas VIII C MTs Almaarif 01 Singosari. Dengan peneliti menerapan model discovery learning pembelajaran teks laporan hasil observasi serta membentuk karakter pelajar Pancasila kepada siswa dalam pembelajaran sehari-hari. 3) Penilaian penerapan model discovery learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari dalam menilai hasil keterampilan menulis teks LHO menggunakan aspek penilaian mencangkup definisi umum, kemudian deskripsi bagian, simpulan serta ketepatan dalam penulisan siswa. Kemudian hasil dari pemerolehan keterampilan menulis teks LHO siswa-siswi MTs Almaarif 01 Singosari dengan menearapkan model discovery learning mendapat nilai rata-rata peserta didik 82,11. Hasil penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila berjalan dengan lancar guna mengembangkan karakter siswa sesuai dengan enam dimensi profil pelajar Pancasila.
Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, siswa dapat mengembangkan ide dengan memanfaatkan langsung lingkungan sekolah dalam penulisan teks laporan hasil observasi, serta dapat menumbuhkan sikap positif pada saat pembelajaran melalui penerapan nilai-nilai pelajar Pancasila. Kemudian perencanaan yang dibuat dapat membantu peneliti pada saat pembelajaran supaya pembelajaran berjalan dengan lancar, pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar, sehingga pembelajaran dapat terselesaikan dari awal hingga akhir, penilaian yang dilakukan peneliti pada hasil menulis siswa mendapatkan nilai yang baik.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Keterampilan Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi, Lingkungan Sekolah.