Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMK Ali Utsman Melalui Metode Mind Mapping
Abstract
Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang kompleks, siswa dapat mengungkapkan pikiran, gagasan, dan kehendaknya. Pengungkapan gagasan banyak ditemukan dalam karya sastra berupa cerpen. Kegiatan menulis cerpen merupakan tantangan bagi seorang guru dalam menerapkan strategi pembelajaran agar proses kegiatan pembelajaran lebih mengutamakan terhadap kemampuan berpikir siswa. Oleh karena itu, proses pembelajaran harus dirancang agar para siswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara alami, kreatif dalam suasana kebebasan, kebersamaan, dan tanggung jawab. Salah satu metode pembelajaran kreatif yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran menulis adalah metode mind mapping.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) peningkatan proses pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas XI SMK Ali Ustman, (2) peningkatan hasil keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMK Ali Ustman melalui metode mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Ali Utsman Gondanglegi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif, langkah-langkah yang digunakan diantaranya, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode mind mapping dalam proses pembelajaran siswa dapat lebih mudah mengorganisir dan meningkatkan ide-ide mereka, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan menghasilkan cerita yang lebih menarik. Maka dari itu, penelitian ini mendukung penggunaan mind mapping sebagai metode yang efektif dalam pembelajaran menulis. Peningkatan hasil tes menulis cerpen siswa kelas XI SMK Ali Utsman menggunakan metode mind mapping sudah meningkat. Nilai rata-rata pratindakan sebesar 49,1, siklus I sebesar 56, dan siklus II sebesar 76. Kemudian persentase ketuntasan siswa saat pratindakan 5%, siklus I 20% dan siklus II 70%.
Kata Kunci: keterampilan menulis, cerita pendek, mind mapping