Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Cabang Dinoyo (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2020 Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk (X1), Harga (X2), dan Viral Marketing (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) Mie Gacoan Cabang Dinoyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan mengambil sampel dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang angkatan 2020, sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik rumus dari Malhotra (2006), dan pengumpulan data dilakukan dengan metode menyebarkan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Teknik pengujian data yang digunakan meliputi uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa variable Kualitas Produk (X1), Harga (X2), dan Viral Marketing (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sedangkan secara parsial variabel Kualitas Produk (X1), Harga (X2), dan Viral Marketing (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Kata kunci: Kualitas produk, Harga, Viral Marketing, Keputusan Pembelian