Perceived Quality dalam MembentukCustomer Loyalty Melalui Brand Equity Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pengguna Smartphone Xiaomi di Desa Mangunan, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived quality, customer loyalty, brand equity pada pengguna smartphone Xioami. Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskripstif dengan pendekatan explanatory research. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Desa Mangunan, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar dengan jumlah 3.589 populasi. Sedangkan rumus sampel yang digunakan adalah menggunakan rumus slovin dengan pendekatan purposive sampling dengan jumlah 98 sampel. Sampel yang difokuskan dalam penelitian adalah pengguna smartphone Xiaomi. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen ; uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analisis jalur (path analysis), uji hipotesis : uji t parsial, uji sobel. Dari hasil penelitian secara simultan diperoleh hasil bahwa perceived quality (persepsi kualitas) berpengaruh tidak langsung terhadap customer loyalty (loyalitas konsumen) melalui brand equity (ekuitas merek) sebagai variabel intervening atau variabel mediasi.
Kata Kunci : Perceived Quality, Customer Loyalty, Brand Equity.