Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas 7
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib yang sudah dipelajari sejak pada tingkatan dasar. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat keterampilan menulis yang diartikan sebagai kemampuan yang bersumber dari ide, gagasan, dan pikiran yang dituangkan dalam sebuah tulisan.
Menulis teks deskripsi ialah menentukan topik, konteks deskripsi, hal-hal yang menarik dan menonjol untuk dideksripsikan secara umum dengan menggunaan kata-kata yang tepat, kohesif serta koheren. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis adalah dengan cara menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang berdasar kepada kebutuhan tiap peserta didik.
Dalam pembelajaran berdiferensiasi melibatkan proses, produk, dan konten. Selain itu, penggunaan pembelajaran ini dapat dilakukan dengan pemetaan terhadap gaya belajar terhadap setiap peserta didik di kelas. Dengan adanya pemetaan terhadap gaya belajar peserta didik akan merasa lebih aktif, dan lebih mencari informasi yang sedang dipelajari dengan rasa senang. Gaya belajar ada 3 yaitu: visual, auditori, dan kinestetik. Peserta didik dengan masing-masing gaya belajar yang berbeda akan memiliki kecenderungan yang berbeda pula.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII A SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang.
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 24. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data
penelitian dimpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumetasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil maksimal pada tindakan akhir yaitu sebesar 100%. Pada siklus II dengan rata-rata nilainya adalah 85,8%, sedangkan pada pratindakan hanya dengan rata-rata sebesar 55,2%, dan pada siklus I sebesar 76,5%.
Simpulan akhir dari hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I, dan II yaitu bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas, dan hasil belajar keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII A SMP Islam Ma’ari 02.
Selain itu, peningkatan juga terjadi pada rasa ingin tahu, dan semangat belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan dan dikembangkan oleh pendidik atau peneliti selanjutnya, karena merupakan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, menjadikan siswa lebih percaya diri, dan mendorong komunikasi antar siswa dan juga merupakan strategi pembelajaran yang cocok digunakan pada era milenial seperti saat ini.
Pembelajaran berdiferensiasi terhadap gaya belajar menjadikan peserta didik merasa senang selama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Peserta didik merasa lebih diperhatikan dan dihargai karena pembelajaran berdiferensiasi lebih mementingkan kebutuhan akan gaya belajar mereka masing-masing.
Sehingga, adanya pembelajaran berdiferensiasi dapat digunakan dalam proses belajar mengajar karena berpengaruh baik terhadap peserta didik.
Kata Kunci: Menulis Teks Deskripsi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar.