Peningkatan Kesadaran Ekologis, Proses, dan Hasil Belajar Menulis Puisi Berwawasan Lingkungan Pada Siswa Kelas X SMK Widya Dharma Turen
Abstract
Rendahnya tingkat kesadaran ekologis siswa menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan dan segera dilakukan tindakan. Selain rendahnya kesadaran ekologis siswa, tingkat keterampilan menulis puisi siswa juga tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi permasalahan tersebut yaitu kurangnya minat belajar siswa terhadap keterampilan menulis, kurangnya motivasi dalam belajar, dan kurangnya penerapan model pembelajaran yang berkaitan dengan ekologis. Peningkatkan kesadaran ekologis dapat ditingkatkan bersamaan dengan peningkatan pembelajaran keterampilan menulis puisi berwawasan lingkungan.
Penelitian bertujuan sebagai upaya meningkatkan kesadaran ekologis, proses dan hasil belajar siswa dalam menulis puisi berwawasan lingkungan, selain itu juga bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengukur tingkat kesadaran ekologis siswa dengan menggunakan angket dan penugasan yang berkaitan dengan isu lingkungan. Serta untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan siswa pada materi menulis puisi berwawasan lingkungan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK Widya Dharma Turen sebanyak 29 siswa melalui observasi proses dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian didapatkan dari observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk menganalisis aktivitas kesadaran ekologis, proses belajar dan hasil belajar menulis puisi.
Dari hasil penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus, peningkatan kesadaran ekologis berdasarkan pengisian angket pada pratindakan, rata-rata persentase menjawab ‘ya’ sebesar 54% dan ‘tidak’ sebesar 46%, mengalami peningkatan pada angket sesudah penelitian dengan rata-rata persentase menjawab ‘ya’ sebesar 95% dan ‘tidak’ sebesar 5%. Kemudian dari segi proses belajar, mengalami peningkatan dalam aktivitas mengamati dari persentase 69% meningkat menjadi 89,6%, aktivitas menanya dari persentase 45% meningkat sebesar 51,7%, aktivitas mencoba mencapai persentase 95%, dan aktivitas berpikir kritis persentase 51,7% meningkat menjadi 60,3%. Hasil belajar siswa menulis puisi berwawasan lingkungan mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata siswa berjumlah 70,5 dengan persentase ketuntasan 51,7% dan siklus II nilai rata-rata siswa berjumlah 86 dengan persentase ketuntasan 100%.
Simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan ini, peningkatan kesadaran ekologis, proses,.hasil belajar dari menulis puisi berwawasan lingkungan pada kelas X SMK Widya Dharma Turen telah mengalami peningkatan yang sangat baik. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi atau bahan rujukan mengenai kesadaran ekologis siswa, keterampilan menulis siswa, ataupun penelitian yang berkaitan lainnya.
Kata kunci: kesadaran ekologis, menulis puisi, berwawasan lingkungan