View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pawtoon dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kelas X MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

Thumbnail
View/Open
Publish (1.247Mb)
Fulltext (12.19Mb)
Date
2024-07-05
Author
Rizqi, Fathiyatur
Metadata
Show full item record
Abstract
Tercapainya kualitas pembelajaran serta hasil belajar dapat dilihat dari media pembelajaran yang digunakan oleh guru, karena media pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pada saat proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran yang didesain menarik, maka media pembelajaran tersebut akan menstimulus peserta didik saat proses pembelajaran. Keberadaan media pembelajaran semakin penting, karena adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempengaruhi dunia pendidikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan media pembelajaran yang mandiri, kreatif, dan interaktif di zaman yang semakin berkembang ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran animasi pawtoon dalam pembelajaran teks negosiasi kelas X MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran animasi pawtoon dalam pembelajaran teks negosiasi kelas X MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik, dan (3) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran animasi pawtoon dalam pembelajaran teks negosiasi kelas X MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Model desain ADDIE dirancang melalui lima tahapan pengembangan yang dilakukan secara sistematik yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan ADDIE memiliki tujuan untuk mendesain dan mengembangkan produk yang efektif dan efisien. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian inin adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian , dapat diketahui bahwa produk yang dikembangkan mendapatkan presentase 88,46 % dari aspek materi, dan aspek media sebesar 92,30 %. Sedangkan angket respon siswa hasil uji coba mendapatkan persentase 94,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi pawtoon dalam pembelajaran teks negosiasi yang dikembangkan sudah sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran, pengembangan, animasi pawtoon, teks negosiasi
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10339
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group