Internalisasi Peduli Lingkungan pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Huda Dau Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Amanah, Siti Nur
dc.date.accessioned 2020-12-21T04:02:25Z
dc.date.available 2020-12-21T04:02:25Z
dc.date.issued 2020-11-06
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1045
dc.description.abstract Kehidupan manusia dimuka bumi ini semakin lama semakin berantakan. Kita lihat bersama bahwa alam yang sejatinya adalah tempat bernaung manusia namun dirusak dengan manusia itu sendiri. Sikap manusia yang tidak lagi mengindahkan alam tempatnya bertahan hidup, tempatnyta menjadi seorang pemimpin mulai terkikis sudah nilai itu pada manusia. MTs Nurul Huda yang berada di perdesaan pun tidak luput dari permasalahan lingkungan yang kurang terjaga oleh peserta didik yang belajar disana. Secara garis besar lingkungan di sekolah ini sudah dikatakan cukup bersih dan terjaga, namun ada beberapa titik ataupun tempat dimana dirasa peserta didik dirasa kurang dalam menjaga lingkungan. Terutama masalah kebersihan toilet di sekolah tersebut, sehingga berbagaicara telah dilakukan agar dapat ikut merangkul peserta didik untuk turut serta aktif dalam menjaga kebersihan toilet di sekolah mereka. Permasalahan di atas di dapatkan dari hasil observasi sementara dan wawancara yang di lakukan oleh salah satu guru di MTs Nuru Huda Dau Malang, sehingga fokus nya ada di pendidikan peduli lingkungan. Dari permasalah di atas peneliti merumuskan masalah yakni, tentang perencanaan internalisasi, tentang pelaksanaan internalisasi dan tentang evaluasi internalisasi pendidikan peduli lingkungan pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Huda Dau Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan internalisasi, tentang pelaksanaan internalisasi dan tentang evaluasi internalisasi pendidikan peduli lingkungan pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Huda Dau Malang. Untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuliatatif yang berjenis study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur. Wawancara yang dilakukan taitu dengan menanyakan beberapa pertanyaan kepada narasumber yang dirasa dapat membantu dalam penggalian data. Selanjutnya peneliti juga melakukan observasi partisipatif artinya peneliti ikut serta dari beberapa kegiatan yang ada disekolah, dan untuk teknik yang terakhir yaitu dokumentasi dengan mengambil beberapa gambar, data sekolah, maupun arsipan para guru-guru yang dapat memperkaya data yang dibutuhkan. Metode analisis data yang digunakan adalah perekdusian data, artinya peneliti merangkum, mengambil data pokok yang dianggap penting, untuk kemudian peneliti cari pola dari data yang diperoleh, kemudian penyajian data (data display), yaitu menyajikan data dalam bentuk uraian singkat yang mudah dipahami, ataupun berbentuk bagan dan Flowchart. Dan terakhir adalah penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification) yaitu peneliti menyimpulkan data yang sudah diperoleh agar menjadi suatu yang berhubungan yang terpadu. Peneliti menemukan dilapangan tempat penelitian berlangsung, bahwa guru sudah melakukan perencanaan internalisasi yang sudah ditentukan oleh Kurikulum 2013. Pelaksanaan internalisasi menggunakan metode Sosiodrama dan evaluasi yang dilakukan guru menggunakan tekni tes, dan juga non tes. Berdasarkan hasil temuan dilapangan tersebut, dapat didapatkan informasi bahwa perencanaan yang sudah dilakukan guru mata pelajaran sudah sesuai dengan yang sudah ditentukan. Perencanaan tersebut sudah dituliskan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah terstruktur secara sistematis. Sedangkan pelaksaan internalisasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran di kelas yaitu dengan menggunakan Sosiodrama. Sedangkan untuk evaluasi yang dilakukakan oleh guru, yaitu dengan menggunakan teknik tes dan non-tes. Beberapa alasan yang membuat proses internalisasi peduli lingkungan ini kurang berhasil kepada peserta didik yaitu, proses internalisasi yang memang membutuhkan proses yang lama, sedangkan penelitian hanya berlangsung 2 bulan, dan juga faktor kepala sekolah yang kurang merangkul para orang tua peserta didik untuk ikut aktif dalam proses internalisasi ini. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peduli Lingkungan en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title Internalisasi Peduli Lingkungan pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Huda Dau Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account