Analisis Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran Zakat (PAI_di SMP PGRI 05 Sumbermanjing Wetan Kelas VIII)
Abstract
Pendidikan juga merupakan sebuah aktifitas yang memiliki maksud atau
tujuan tertentu yang diarahkan untuk mengembangkan potensi yang dimilki
manusia baik sebagai manusia ataupun sebagai masyarakat dengan sepenuhnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan siswa dapat
berpengaruh dalam penggunaan media dalam proses pembelajaran zakat di
Pendidikan Agama Islam, 2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa saat
penggunaan media dalam proses pembelajaran zakat di Pendidikan Agama Islam,
serta 3) untuk mengetahui metode yang digunakan pendidik dalam proses
pembelajaran zakat di Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP PGRI 05
Sumbermanjing Wetan.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan penelitian deskriptif. Subjek penelitian merupakan beberapa siswa yang
bisa dikatakan bisa dan kurang bisa, Guru pendidikan Agama Islam, dan teman
sekelas. Pengumpulan data menggunakan cara observasi dan wawancara. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan
mengenai pendeskripsian data yang telah terkumpul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak menggunakan
media dalam pembelajaran zakat. Hasil temuan peneliti bahwasannya subjek 1
dengan subjek 2 meskipun sama – sama meiliki kekurangan yang berbeda – beda
serta tingkat kemampuannya berbeda – beda. Jika menggunakan media dalam
pembelajaran media sama – sama ingin mempraktekkannya.