Show simple item record

dc.contributor.authorPranata, Leo Angga
dc.date.accessioned2020-12-21T04:10:11Z
dc.date.available2020-12-21T04:10:11Z
dc.date.issued2020-09-04
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1050
dc.description.abstractPada era globalisasi ini zaman sudah semakin maju dan masyarakat juga sudah berkembang dalam bidang elektronik tidak hanya di dalam masyarakat saja tetapi di dalam dunia pendidikan juga berkembang dalam hal elektronik yaitu pada kegiatan pembelajaran selalu berhungan dengan benda elektronik, karena saat ini pelajar termasuk dalam generasi alpa yang segala sesuatunya senggunakan elektronik maka pendidik atau dosen juga mengikuti perkembangan yang ada dan menyesuaikan pembelajaran dengan apa yang peserta didik sering lakukan. Berdasarkan yang peneliti alami di saat pandemi ini perkuliahan dianjurkan dari pihak kampus untuk melakukan pembelajaran di rumah masing-masing maka dari itu dosen mengambil tindakan untuk menggunakan media pembelajaran yang berbasis online agar mahasiswa dapat mengakses dari rumah masing-masing. Maka dosen memutuskan untuk menggunakan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaranya pada mata kuliah Qowaidul Fiqhiyyah Prodi Hukum Keluarga Islam di Universitas Islam. Dari latar belakang penelitian di atas peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana pelaksanaan penggunaan aplikasi google classroom, faktor apa saja yang mendukung dalam penggunaan aplikasi google classroom, faktor apa saja yang adapat menghambat dalam penggunaan aplikasi google classroom. Tujuan penelitian ini adalah unruk menjelaskan tentang pelaksanaan penggunaan aplikasi google classroom pada mata kuliah Qowaidul Fiqhiyyah, faktor apa saja yang mendukung penggunaan aplikasi google classroom, dan faktor apa saja yang dapat menghambat penggunaan aplikasi google classroom pada mata kuliah Qowaidul Fiqhiyyah. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, prosedur untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu dengan peneliti mengamati kegiatan yang dilakukan oleh subjek yang diteliti di lapangan, metode wawancara yaitu pengumpulan data dengan cara Tanya jawab kepada narasumber yang menjadi subjek penelitian, metode dokumentasi yaitu mengumpulkan data yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, laporan-laporan agenda dan sebagainya. Dari temuan peneliti yang didapat bahwasanya dalam penggunaan aplikasi google classroom lebih memudahakn mahasiswa dalam segi waktu dan biaya karena dengan menggunakan aplikasi google classroom mahasiswa tidak perlu datang langsung ke kampus untuk kuliah tatap muka dan pada pengumpulan tugas mahasiswa juga tidak perlu keluar uang untuk ngeprint tetapi cukup mngumpulkan tugas dalam file, internet juga menjadi faktor penting untuk dapat mengakses aplikasi google classroom, mahasiswa dapat melakukan diskusi walaupun tidak dapat bertatap muka secara langsung mahasiswa berdiskusi dalam fitur yang tersedia pada google classroom yaitu pada kolom komentar, dengan banyaknya fitur yang ada pada aplikasi google classroom mahasiswa dan dosen perlu memaksimalkan penggunaan aplikasi google classroom untuk lebih baik lagi dalam proses pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectGoogle classroomen_US
dc.subjectQowaidul Fiqhiyyahen_US
dc.titlePemanfaatan Google classroom Pada Mata Kuliah Qowaidul Fiqhiyyah Semester IV Fakultas Agama Islam Prodi Hukum Keluarga Islam di Universitas Islam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record