Pemanfaatan Google classroom Pada Mata Kuliah Qowaidul Fiqhiyyah Semester IV Fakultas Agama Islam Prodi Hukum Keluarga Islam di Universitas Islam Malang
Abstract
Pada era globalisasi ini zaman sudah semakin maju dan masyarakat juga
sudah berkembang dalam bidang elektronik tidak hanya di dalam masyarakat saja
tetapi di dalam dunia pendidikan juga berkembang dalam hal elektronik yaitu pada
kegiatan pembelajaran selalu berhungan dengan benda elektronik, karena saat ini
pelajar termasuk dalam generasi alpa yang segala sesuatunya senggunakan elektronik
maka pendidik atau dosen juga mengikuti perkembangan yang ada dan menyesuaikan
pembelajaran dengan apa yang peserta didik sering lakukan.
Berdasarkan yang peneliti alami di saat pandemi ini perkuliahan dianjurkan
dari pihak kampus untuk melakukan pembelajaran di rumah masing-masing maka dari
itu dosen mengambil tindakan untuk menggunakan media pembelajaran yang berbasis
online agar mahasiswa dapat mengakses dari rumah masing-masing. Maka dosen
memutuskan untuk menggunakan aplikasi google classroom sebagai media
pembelajaranya pada mata kuliah Qowaidul Fiqhiyyah Prodi Hukum Keluarga Islam
di Universitas Islam.
Dari latar belakang penelitian di atas peneliti merumuskan masalah, yakni
tentang bagaimana pelaksanaan penggunaan aplikasi google classroom, faktor apa saja
yang mendukung dalam penggunaan aplikasi google classroom, faktor apa saja yang
adapat menghambat dalam penggunaan aplikasi google classroom.
Tujuan penelitian ini adalah unruk menjelaskan tentang pelaksanaan
penggunaan aplikasi google classroom pada mata kuliah Qowaidul Fiqhiyyah, faktor
apa saja yang mendukung penggunaan aplikasi google classroom, dan faktor apa saja
yang dapat menghambat penggunaan aplikasi google classroom pada mata kuliah
Qowaidul Fiqhiyyah.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian
kualitatif, prosedur untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
observasi, yaitu dengan peneliti mengamati kegiatan yang dilakukan oleh subjek yang
diteliti di lapangan, metode wawancara yaitu pengumpulan data dengan cara Tanya
jawab kepada narasumber yang menjadi subjek penelitian, metode dokumentasi yaitu
mengumpulkan data yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, laporan-laporan
agenda dan sebagainya.
Dari temuan peneliti yang didapat bahwasanya dalam penggunaan aplikasi
google classroom lebih memudahakn mahasiswa dalam segi waktu dan biaya karena
dengan menggunakan aplikasi google classroom mahasiswa tidak perlu datang
langsung ke kampus untuk kuliah tatap muka dan pada pengumpulan tugas mahasiswa
juga tidak perlu keluar uang untuk ngeprint tetapi cukup mngumpulkan tugas dalam
file, internet juga menjadi faktor penting untuk dapat mengakses aplikasi google
classroom, mahasiswa dapat melakukan diskusi walaupun tidak dapat bertatap muka
secara langsung mahasiswa berdiskusi dalam fitur yang tersedia pada google classroom
yaitu pada kolom komentar, dengan banyaknya fitur yang ada pada aplikasi google
classroom mahasiswa dan dosen perlu memaksimalkan penggunaan aplikasi google
classroom untuk lebih baik lagi dalam proses pembelajaran.