Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Gaya Hidup Berkelanjutan pada P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SMAN 8 Malang
Abstract
Pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai tantangan dalam mutu, efisiensi, dan efektivitas. Kurikulum merdeka di SMAN 8 Malang, dengan muatan P5, menekankan pada tema gaya hidup berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsiskan terkait perencanaan Guru PAI dalam membentuk gaya hidup berkelanjutan pada proyek penguatan profil pelajar pancasila, mendeskripsikan pelaksanaan strategi Guru PAI dalam membentuk gaya hidup berkelanjutan pada proyek penguatan profil pelajar pancasila, dan evaluasi Guru PAI dalam membentuk gaya hidup berkelanjutan pada proyek penguatan profil pelajar pancasila.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif jenis penelitian dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi yakni pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, metode wawancara dengan melakukan tanya jawab untuk mendapatkan informasi terkait fokus dan tujuan penelitian, dan metode dokumentasi yang dapat diperoleh melalui dokumen-dokumen dari tempat penelitian. Dalam penelitian analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan Derajat kepercayaan (credibility), Keteralihan (transferability), Kebergantungan (dependability), Kepastian (confirmability), serta triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan peneliti bahwasannya perencanaan Guru PAI dalam membentuk gaya hidup berkelanjutan yakni memiliki beberapa tahapan sperti; Penyusunan rancangan program kegiatan P5, strategi perencanaan Guru PAI dan Siswa untuk mewujudkan gaya hidup berkelanjutan pada P5 serta program rancangan Guru pada P5. Adapun pelaksanaan Guru PAI dalam membentuk gaya hidup berkelanjutan diantaranya; melaksanakan kegiatan bersih lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, mengadakan pengembangan kreativitas siswa dalam menerapkan gaya hidup berkelanjutan pada P5, serta pembuatan produk ramah lingkungan dari botol plastik. selain terdapat perencanaan dan pelaksanaan, terdapat evaluasi penerapan gaya hidup berkelanjutan pada P5, diantaranya; evaluasi penilaian Guru PAI berbasis Non-Test, guru memberikan ruang kritik dan saran dengan adanya gaya hidup berkelanjutan pada P5, Penyelenggaraan rapat dalam wadah evaluasi P5.
Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Agama Islam, Gaya Hidup Berkelanjutan