Model Pendidikan Karakter Al-Hikmah Wawasan Ummatik di Madrasah Uthmaniah Pulau Pinang Malaysia
Abstract
Penelitian yang terkandung dalam skripsi ini bertujuan untuk menemukan model pendidikan karakter Al-Hikmah Wawasan Ummatik yang diterapkan oleh Madrasah Uthmaniah Pulau Pinang Malaysia. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya pelajar yang unggul dalam bidang akademik tetapi rendah dalam berkarakter, sehingga perlu adanya pendidikan karakter sebagai dasar pembentukan diri sejak dini.
Dari latar belakang diatas maka peneliti merumuskan masalah yakni bagaimana model pendidikan, implementasi, dan capaian pendidikan karakter al-hikmah wawasan ummatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model, implementasi dan mengidentifikasi capaian pendidikan karakter al-hikmah wawasan ummatik di Madrasah Uthmaniah Pulau Pinang Malaysia.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di Madrasah Uthmaniah Pulau Pinang Malaysia. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yaitu pengamatan didalam dan kegiatan sekolah, metode wawancara Bersama civitas akademika madrasah.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah : 1) desain pendidikan karakter al-hikmah wawasan ummatik menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan secara langsung (direct teaching) dengan metode ceramah dan demonstrasi, yang kedua pendekatan melalui penerapan nilai- nilai murni, 2) implementasi pendidikan karakter al-hikmah wawasan ummatik diterapkan dalam kegiatan rutin halaqoh guru bersama pelajar yang disebut dengan kegiatan perhimpunan, kem kepimpinan, dan bakti sosial dengan masyarakat, 3) capaian pendidikan karakter al-hikmah wawasan ummatik membentuk sifat disiplin, ukhwah, dan senantiasa menjaga kejujuran.
Kata Kunci : Model, Pendidikan, Karakter Al-Hikmah Wawasan Ummatik.