View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Membangun Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung Malang

Thumbnail
View/Open
Fulltext (4.115Mb)
Date
2024-07-20
Author
Irdiantina, Shasy Suci
Metadata
Show full item record
Abstract
Konteks penelitian ini yaitu mengenai pentingnya strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung. Pentingnya guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang diterapkan di kelas, dapat memengaruhi motivasi belajar siswanya. Mata pelajaran ini penting untuk memperkuat pemahaman siswa tentang pendidikan dan agama Islam. SMP Negeri 2 Sumberpucung dipilih sebagai lokasi penelitian karena komitmennya dalam menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif melalui kegiatan MGMPS dan MGMP, serta penyesuaian strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa. Dari konteks penelitian di atas, maka peneliti menetapkan fokus penelitian, yaitu tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sumberpucung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, serta teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini yaitu SMP Negeri 2 Sumberpucung merencanakan strategi pembelajaran melalui MGMP dan MGMPS, yang kemudian dicantumkan di dalam RPP atau Modul Ajar. Lalu, strategi pembelajaran yang sering diterapkan di kelas adalah project based learning dan cooperatif learning, yang selain itu guru juga menerapkan strategi pembelajaran dengan menyesuaikan karakteristik siswanya, seperti snowball throwing ataupun diskusi kelas. Sedangkan evaluasi yang diterapkan di SMP Negeri 2 Sumberpucung, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Kesimpulannya, Penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan kondisi kelas dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Motivasi
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10560
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group