Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Berkebinekaan Global di SMA Negeri 2 Malang
Abstract
Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter berkebinekaan global di lembaga pendidikan, termasuk di SMA Negeri 2 Malang. Implementasi pendidikan agama Islam sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah menjadi krusial dalam mengembangkan pemahaman dan sikap toleransi terhadap keberagaman budaya dan agama di masyarakat. Dalam konteks ini, guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Malang mengeksplorasi berbagai strategi pendidikan yang menggabungkan nilai-nilai Islam dengan prinsip-prinsip multikulturalisme untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap perbedaan dan memupuk sikap inklusif.
Fokus penelitian pada penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana perencanaan Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter berkebinekaan global siswa di SMA Negeri 2 Malang?. 2) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter berkebinekaan global siswa di SMA Negeri 2 Malang?. 3) Bagaimana evaluasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter berkebinekaan global siswa di SMA Negeri 2 Malang?.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 2 Malang. Metode pengumpulan data yang dilakukan meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup tiga tahap, yakni: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi: ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Perencanaan dengan menyusun perangkat pembelajaran berkaitan dengan pengembangan karakter berkebinekaan. 2) Penerapan pembelajaran menggunakan metode yang variatif dan kolaboratif. 3) Evaluasi siswa dilakukan secara holistik dengan mempertimbangkan semua aspek dan dilakukan secara terstruktur.
Kata Kunci: Implementasi, Karakter, Berkebinekaan Global