View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Berkebinekaan Global di SMA Negeri 2 Malang

Thumbnail
View/Open
Fulltext (4.044Mb)
Date
2024-07-24
Author
Nisa’, Khoirotun
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter berkebinekaan global di lembaga pendidikan, termasuk di SMA Negeri 2 Malang. Implementasi pendidikan agama Islam sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah menjadi krusial dalam mengembangkan pemahaman dan sikap toleransi terhadap keberagaman budaya dan agama di masyarakat. Dalam konteks ini, guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Malang mengeksplorasi berbagai strategi pendidikan yang menggabungkan nilai-nilai Islam dengan prinsip-prinsip multikulturalisme untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap perbedaan dan memupuk sikap inklusif. Fokus penelitian pada penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana perencanaan Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter berkebinekaan global siswa di SMA Negeri 2 Malang?. 2) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter berkebinekaan global siswa di SMA Negeri 2 Malang?. 3) Bagaimana evaluasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter berkebinekaan global siswa di SMA Negeri 2 Malang?. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 2 Malang. Metode pengumpulan data yang dilakukan meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup tiga tahap, yakni: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi: ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Perencanaan dengan menyusun perangkat pembelajaran berkaitan dengan pengembangan karakter berkebinekaan. 2) Penerapan pembelajaran menggunakan metode yang variatif dan kolaboratif. 3) Evaluasi siswa dilakukan secara holistik dengan mempertimbangkan semua aspek dan dilakukan secara terstruktur.   Kata Kunci: Implementasi, Karakter, Berkebinekaan Global
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10562
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group