Show simple item record

dc.contributor.authorFirdaussy, Elvina Lisdiana Putri
dc.date.accessioned2025-02-15T04:07:40Z
dc.date.available2025-02-15T04:07:40Z
dc.date.issued2024-08-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10570
dc.description.abstractElvina Lisdiana Putri Firdaussy, 2024, Strategi Pemasaran Terhadap Daya Saing Mebel (Studi Kasus Pada Mebel Revin Di Kecamatan Tumpang), Dosen Pembimbing I Dr. Siti Saroh, M.Si, Dosen Pembimbing II Rio Era Deka, S.Pd., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang mempengaruhi daya saing mebel yang diterapkan oleh Mebel Revin di Kecamatan Tumpang, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan terdiri dari data primer yang dikumpulkan langsung oleh peneliti dari sumbernya, serta data sekunder yang mencakup literatur, artikel, jurnal, dan hasil studi internet. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, serta dokumentasi. Proses pengolahan data melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi yang melibatkan variasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diimplementasikan dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing Mebel Revin di Kecamatan Tumpang melibatkan penggunaan bauran pemasaran 4P berupa produk (product), harga (price), lokasi atau saluran distribusi (place), promosi (promotion). Namun, strategi ini belum dimaksimalkan secara optimal, terutama dalam aspek promosi. Pada strategi produk di Mebel Revin mempunyai produk yang berkualitas dengan model yang mengikuti tren terbaru. Mebel Revin juga menawarkan layanan custom order, melakukan manajemen persediaan produk, dan menawarkan garansi pembelian 6 bulan untuk memastikan kepuasan dan kepercayaan pelanggan serta memperkuat daya saing Mebel Revin. Dalam strategi penetapan harga, Mebel Revin menerapkan metode cost-based pricing dengan keuntungan 25% dari total biaya keseluruhan, serta value-based pricing untuk menghargai respons konsumen. Selain itu, mereka menggunakan good-value pricing, menyesuaikan harga dengan kualitas produk sesuai permintaan dan preferensi konsumen. Strategi lokasi atau saluran distribusi Mebel Revin adalah dengan memilih lokasi yang strategis, yakni di tepi jalan raya yang mudah dijangkau. Selain itu, Mebel Revin juga memprioritaskan pengiriman langsung, menjamin produk sampai tepat waktu dan dalam kondisi terbaik kepada pelanggan. Strategi promosi Mebel Revin di Kecamatan Tumpang masih sederhana, meliputi promosi dari mulut ke mulut, pemasangan banner, dan story WhatsApp. Pendekatan ini menyebabkan penjualan kurang optimal dan perlu diperluas untuk hasil yang lebih baik. Kendala penerapan strategi pemasaran terhadap daya saing Mebel yang dihadapi Mebel Revin di Kecamatan Tumpang dapat dikategorikan dalam beberapa aspek. Pertama keterbatasan promosi, kendala penetapan harga, dan keterlambatan layanan pengiriman. Dari kendala yang dihadapi Mebel Revin tersebut tentunya dapat berakibat pada penurunan pendapatan dan daya saing yang rendah. Kata Kunci: Mebel, Bauran Pemasaran, Daya Saingen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMebelen_US
dc.subjectBauran Pemasaranen_US
dc.subjectDaya Saingen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Terhadap Daya Saing Mebel (Studi Kasus pada Mebel Revin di Kecamatan Tumpang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record