Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MIN 1 Kota Malang
Abstract
Kegiatan Ekstrakurikuler merupakan salah satu wadah pembinaan siswa yang bertujuan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat dan kemampuannya diberbagai bidang yang diminati diuar bidang akademik. Kegiatan ini terorganisasi, terarah dan terpadu dengan kegiatan lain disekolah guna menunjang pencapaian tujuan kurikulum, artinya kegiatan ini dilaksaakan sesuai dengan program yang ditentukan dalam pelaksanaannya dibimbing oleh guru yang kompeten sesuai dengan bidangnya sehingga peaksanaannya akan berjalan dengan baik. Kegiatan ini menjadi salah satu usur penting dalam membangun kepribadian, sikap dan moral siswa. Pramuka merupakan suatu kegiatan ekstrakurikuler yang dipandang dapat mengembangkan minat, bakat, dan sikap siswa dalam bidang kepramukaan agar bisa lebih mandiri, disiplin dan bertanggung jawab serta mendidik siswa untuk memilki kepribadian yang baik.
Tujuan penelitian ini meliputi 1) Mendeskripskan perencanaan pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MIN 1 Kota Malang, 2) Mendeskripskan pelaksanaan pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MIN 1 Kota Malang, 3) Mendeskripskan evaluasi pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MIN 1 Kota Malang, Peneitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian jenis kualitatif tidak menggunakan rancangan penelitian yang baku. Rancangan penelitian berkembang selama proses penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami, mencari makna di balik data, untuk menemukan kebenaran, baik kebenaran empiris sensual, empiris logis, dan empiris logis.
Prosedur metode penelitian kualitatif adalah merumuskan masalah sebagai fokus penelitian, menganalisis data, merumuskan hasil studi, menyusun rekomendasi untuk pembuatan keputusan. Ada beberapa tahap bagi peneliti jika ingin melakukan penelitian kualitatif ini, yaitu: mengangkat permasalahan, memunculkan pertanyaan penelitian. mengumpulkan data yang relevan, melakukan analisis data, Menjawab pertayaan penelitian.
Hasil penelitian kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MIN 1 Kota Malang berjalan dengan baik dan lancar dilihat dari antusias dan keaktifan siswa selama latihan rutin, hal tersebut didukung dengan hasil peneltian yang dilakukan adalah kegiatan ekstrakurikuler pramuka berjalan lancar dan antusias siswa sangat baik, perkembangan sikap disiplin siswa MIN 1 Kota Malang mayoritas sudah sangat baik dilihat dari segi pengamatan peneliti.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter Disiplin Siswa