Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin Tema Kearifan Lokal di MI Raden Patah
Abstract
Proses lmplementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Penguatan Profil Rahmatan Lil ‘Alamin di MI Raden Patah Tema Kearifan Lokal meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaanya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai bagaimana implementasi penguatan profil pelajar pancasila dan rahmatan lil ‘alamin tema kearifan lokal di MI Raden Patah. Lokasi penelitian ini adalah MI Raden Patah Dusun Lebo-Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.
Hasil penelitian ini adalah Perencanaan implementasi penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’ alamin di MI Raden Patah dengan tema kearifan lokal antara lain: Pembentukan Tim Fasilitator, Menentukan Tema dan Dimensi, dan yang terahir Membuat Modul Ajar. Pelaksanaan penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’ alamin di MI Raden Patah tema kearifan lokal antara lain: Tahap Pengenalan, Tahap Kontekstual, Pembentukan Kelompok, dan Tahap Aksi. Hasil Pelaksanaan penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’ alamin di MI Raden Patah tema kearifan lokal antara lain: Menampilkan hasil karya di depan kelas dan Mempresentasikan hasil proyek.
Kata Kunci: Implementasi, Kearifan Lokal, Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Penguatan Profil Rahmatan Lil ‘Alamin