Implementasi Media Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Tulusbesar Kabupaten Malang
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses di mana siswa terhubung dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan. Proses pembelajaran akan berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Namun, mencapai hasil yang optimal sering kali dihadapkan pada berbagai kendala. Salah satunya yakni minimnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif, terutama pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar mereka yang masih dibawah ketuntasan. Sehingga, berdasarkan latar belakang penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan media Genially untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas V di SD Negeri 1 Tulusbesar dan untuk menganalisis pelaksanaan juga peningkatan hasil belajar Matematika kelas V di SD Negeri 1 Tulusbesar dengan menggunakan media Genially. Demi mencapai tujuan tersebut, penelitian dilaksanakan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data kuantitatif di analisis menggunakan analisis deskriptif komparatif dan data kualitatif dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penggunaan media Genially mempunyai kemampuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan terus meningkatnya hasil belajar dan rata-rata siswa pada setiap siklusnya. Pada pra siklus dengan skor 40,5%, pada siklus I meningkat menjadi 77,2%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 100%. Rata-rata jumlah nilai matematika pada pra siklus sebesar 64,41%, pada siklus I meningkat menjadi 75,92%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 94,26%. Oleh karena itu, hal-hal yang perlu diperhatikan yakni sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah kedepannya baik bagi guru maupun peneliti selanjutnya untuk terus mengembangkan penggunaan media Genially dalam pembelajaran agar dapat bermanfaat, terutama bagi kemajuan siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Media Genially, Matematika