Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Karakter Siswa Melalui Media Ular Tangga Kelas VII SMP Islam AlMaarif 01 Singosari
Abstract
Menurunnya semangat siswa dalam belajar dan penurunan dari sisi karakter siswa membuat Guru PAI memiliki tujuan untuk meningkatkan kembali semangat siswa dalam belajar terutama Pendidikan Agama Islam serta membentuk kembali karakter siswa dengan melakukan terobosan dalam pembelajaran yaitu mengembangkan karakter siswa melalui media ular tangga, media ular tangga merupakan media pembelajaran sebagai media utama dalam permainan, aturan main ular tangga berupa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan Guru PAI dalam mengembangkan karakter siswa melalui media ular tangga. 2) Bagaimana pelaksanaan Guru PAI dalam mengembangkan karakter siswa melalui media ular tangga. 3) Bagaimana evaluasi Guru PAI dalam mengembangkan siswa melalui media ular tangga. Pada penelitian ini menggunakan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Jenis penelitian ini akan memfokuskan pada situasi dan konteks spesifik di SMP Islam AlMaarif 01 Singosari. Dalam studi kasus ini, peneliti akan mengkaji secara mendalam strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan karakter siswa di SMP Islam AlMaarif dengan melibatkan Guru Pendidikan Agama Islam sebagai partisipan penelitian. Kehadiran peneliti secara langsung di SMP Islam AlMaarif 01 Singosari memungkinkan untuk mengamati dan berinteraksi dengan guru dan siswa. Dengan kehadiran langsung, peneliti dapat melihat secara langsung praktik pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru dan bagaimana siswa meresponnya. Observasi langsung ini memberikan kesempatan bagi peneliti untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang strategi yang digunakan oleh guru dalam Pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa perencanaan strategi Guru PAI dalam mengembangkan karakter siswa di SMP Islam AlMaarif 01 Singosari yakni: perencanaan program, menentukan tujuan dan menjelaskan aturan main ular tangga. Pelaksanaan strategi guru PAI dalam mengembangkan karakter siswa melalui media ular tangga yakni melakukan absensi, memberikan pemahaman materi, melaksanakan permainan, memberikan pertanyaan dari materi di dalam media ular tangga. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui keberhasilan Guru PAI dalam mengembangkan karakter siswa yaitu evaluasi dilakukan untuk mengetahui keberhasilan permainan ular tangga dalam mengembangkan karakter siswa yaitu dengan evaluasi dari sudut pandang Guru PAI dan juga dari pelaksanaan yang dilakukan oleh peneliti.
Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Karakter, Media Ular Tangga