Implementasi Kurikulum Al-Azhar di Senior High School Thursina IIBS Malang
Abstract
Pengenalan kurikulum Al-Azhar Kairo di Indonesia merupakan upaya untuk mengembangkan pendidikan yang lebih baik khususnya pendidikan Islam di Indonesia. Adaptasi sistem dan kurikulum negara merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan perkembangan pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum Al-Azhar Kairo di SMA Sarsina IIBS Malan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian ini mengadopsi pendekatan studi kasus kualitatif. Artinya penelitian dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis informasi berdasarkan fakta dan keadaan sebenarnya pada saat penelitian dilakukan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pada proses perencanaan kurikulum Al Azhar Kairo di SMA Sasina IIBS Maran, pihak sekolah membentuk tim pengembangan kurikulum dengan partisipasi seluruh guru yang bekerja di bidang kurikulum Al Azhar. Kami akan mengembangkan kurikulum pelajaran Bahasa Arab, Studi Islam, dan Tafizul Quran, serta menyederhanakan dan menyesuaikan kurikulum Al-Azhar Mesir dengan kurikulum Indonesia. Hal ini akan dijabarkan dengan membuat rencana pembelajaran di bawah bimbingan Azhar secara detail. kursus. 2) Implementasi kurikulum Al-Azhar dilaksanakan dalam serangkaian kegiatan pembelajaran yang terdiri atas persepsi, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Penerapan kurikulum Al-Azhar berlangsung pada jam ekstrakurikuler. 3) Evaluasi pembelajaran pada kurikulum Al Azhar California menggunakan sistem penilaian autentik yang menilai komponen kognitif, psikomotorik, dan afektif. Evaluasi meliputi evaluasi tugas, ulangan harian dan semester dengan sistem penilaian komprehensif, serta penilaian melalui tes prestasi. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum, Al-Azhar