Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi Kabupaten Malang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar kepada siswa, mendeskripsikan penerapan peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar kepada siswa, serta mendeskripsikan hasil peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar kepada siswa.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, karena untuk memperoleh hasil informasi secara terperinci dan lengkap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi untuk mengamati, wawancara untuk mendapatkan informasi lisan dari narasumber, serta dokumentasi untuk mencari data yang relevan dengan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) Perencanaan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yakni, guru memiliki peran untuk merancang perangkat pembelajaran, mempersiapkan stimulus, mempersiapkan pengelolaan kelas, serta mempersipakan penilaian. 2) Penerapan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yakni, menerapkan perangkat pembelajaran, menerapkan stimulus, mengelola kelas, serta memberikan penilaian. 3) Hasil peranan guru yang diperoleh yakni perangkat, pemberian stimulus, melakukan pengelolaan kelas, serta guru melakukan penilaian terhadap siswa.
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran, Motivasi Belajar