Internalisasi Nilai Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Iqro Karang Ploso Malang
Abstract
Karakter Religius pada dasarnya merupakan bentuk ciri-ciri yang berasal dari ajaran Iman, Islam, Ihsan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk pembentukan karakter yang bersumber pada ajaran al- qur’an yang sekaligus berfungsi sebagai pedoman moral. SDIT Iqro Karangploso ini sudah menggunakan pembiasaan keagamaan seperti sholat dhuha berjamaah, dzikir, membaca asmaul husna setiap pagi sebelum pembelajaran di mulai, sholat dhuhur, dan ashar berjamaah. Terdapat bussines day di laksanakan setiap hari jum’at dimana kegiatan tersebut untuk menanamkan jiwa interpreneur. Dengan demikian, siswa SDIT Iqro Karangploso dapat meningkatkan kualitas keimanan. Dari keselarasan visi dan misi sekolah yang didukung oleh kepala sekolah, guru, orang tua dan komite sekolah yang mempunyai dampak positif bagi siswa dalam menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab. Penerapan budaya yang lain di SDIT Iqro Karangploso ada 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan Santun) kepada siswa dalam Pendidikan sekolah dasar untuk menanamkan habituasi yang membangun karakter siswa dengan baik dimulai dari lingkungan sekolah dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan konteks penelitian diatas peneliti merumuskan masalah yakni tentang bagaimana strategi, implementasi, dan evaluasi internalisasii profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter siswa pada mata pelajaran PAI di SDIT Iqro Karangploso Malang. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu Waka Kurikulum, Guru Kelas, Guru PAI dan Siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Miles, Hubermen dan Saldana.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa dalam internaslisasi nilai profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dimulai dari penanaman yang menggunakan strategi pembiasaan dan keteladanan Implementasi dalam membentuk karakter siswa yang ada di SDIT Iqro’ dapat dikualifikasikan dengan beberapa perencanaan di pelaksanaan kegiatan harian dan kegiatan mingguan dan Evaluasi yang dilakukan di dalam internalisasi nilai profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter siswa pada mata pelajaran PAI dilakukan setiap hari oleh pengajar secara individu menggunkan tata tertib yang sudah tecantum dengan ketentuan point-point yang berlaku, dan juga dilakukanya evaluasi bersama orang tua dengan perantara buku penghubung.
Kata Kunci : Internalisasi Nilai, Karakter