Nilai Moral Tokoh Utama dalam Novel Midah Si Manis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer
Abstract
Novel Midah Si Manis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer adalah
hasil karya sastra yang merepresentasikan perjuangan seorang Midah, perempuan
tokoh utama yang ditempa oleh kepahitan demi kepahitan hidup. Novel adalah
karya sastra berupa prosa yang memiliki kedekatan dengan pembaca atau
penikmat karya sastra. Novel bisa saja menjadi cermin kehidupan nyata yang di
dalamnya terkandung banyak nilai. Di antara sekian nilai yang terdapat dalam
novel, salah satunya adalah nilai moral. Penelitian ini membahas tentang apa saja
nilai moral yang terdapat dalam novel Midah Si Manis Bergigi Emas dan
bagaimana pengarang menggunakan teknik penyampaian nilai-nilai tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini
adalah nilai moral tokoh utama dalam novel Midah Si Manis Bergigi Emas Karya
Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini difokuskan pada nilai-nilai moral dan
teknik penyampaiannya. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu
prosedur penelitian dengan hasil sajian data deskriptif berupa tuturan pengarang
dalam novel Midah Si Manis Bergigi Emas. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik baca dan mencatat, mengecek keabsahan data yang digunakan
Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
ketekunan membaca dan pencatatan, diskusi dengan teman sejawat dan
kecukupan referensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa dalam novel Midah Si
Manis Bergigi Emas terkandung nilai moral yang dibawakan oleh tokoh utama
yaitu moral individu, sosial dan religius. Nilai moral individu terdiri dari moral
mandiri dan pantang menyerah. Nilai moral sosial terdiri dari moral bekerjasama,
kasih sayang dan memberi nasihat. Sedangkan nilai moral religius terdiri dari
moral beriman dan sabar. Nilai moral yang dominan adalah nilai moral sosial
dengan indikator kasih sayang. Teknik yang digunakan pengarang dalam
penyampaian nilai-nilai moral kebanyakan menggunakan teknik penyampaian
tidak langsung.