Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Dinda Ayu Alfiyanti
dc.date.accessioned2025-02-19T01:55:46Z
dc.date.available2025-02-19T01:55:46Z
dc.date.issued2024-08-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10704
dc.description.abstractRespon merupakan tindakan spesifik yang dilakukan oleh seorang individu dan mempunyai arti subjektif bagi orang tersebut dan ditujukan kepada orang lain. Konsumen secara harfiah berarti "seseorang yang membeli barang atau menggunakan jasa", "seseorang atau perusahaan yang membeli barang tertentu atau menggunakan jasa tertentu," atau "sesuatu atau seseorang yang menggunakan suatu persediakan atau sejumlah barang". Selain itu, ada beberapa definisi lain untuk konsumen, yaitu "setiap orang yang menggunakan barang atau jasa dalam berbagai cara" (Sri Handayani, 2012). Sehingga dapat disimpulkan, Respons konsumen merupakan kegiatan individu sebagai konsumen secara langsung yang terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang dan jasa. Tanaman hias merupakan salah satu komoditas yang populer dan banyak diminati masyarakat dari berbagai kalangan karena keindahan dan keunikannya. Salah satu sentra penghasil tanaman hias berada di Kota Batu. Tanaman hias yang dikembangkan oleh petani terdiri atas berbagai macam tanaman hias bunga dan tanaman hias daun, seperti philodendron, anthurium, calathea, dan masih banyak lagi. Dibandingkan dengan tanaman hias bunga, tanaman hias daun kurang populer dikalangan konsumen. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya penggunaan polybag yang mengurangi nilai estetika dari sebuah tanaman. Sehingga, diperlukannya sedikit novasi untuk menarik minat konsumen serta meningkatkan harga jual dari tanaman hias daun tersebut. Strategi inovasi yang dilakukan oleh CV. Bunga Melati Creative Kokedama adalah mengubah kemasan polybag menggunakan sabut kelapa dengan teknik kokedama. Sehingga media tanam dan kemasan produk menjadi lebih indah, estetik, dan mudah dibawa. Penelitian ini dilakukan di salah satu mitra CV. Bunga Melati Creative Kokedama yaitu Kios Bunga Barokah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon konsumen terhadap tanaman hias kokedama serta apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling) yang merupakan suatu teknik statistik yang dapat menganalisis pola hubungan antara konstruk laten dan indikatornya. Sofware yang digunakan sebagai alat analisis yaitu SmartPLS v4. Kata Kunci : Respon Konsumen, Tanaman Hias Kokedama, Kota Batuen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectRespon Konsumenen_US
dc.subjectTanaman Hias Kokedamaen_US
dc.subjectKota Batuen_US
dc.titleRespon Konsumen terhadap Tanaman Hias Kokedama di Kota Batu (Studi Kasus CV. Bunga Melati Creative Kokedama)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record