Show simple item record

dc.contributor.authorMasadjie, Muhammad Ronggo
dc.date.accessioned2020-12-21T04:28:15Z
dc.date.available2020-12-21T04:28:15Z
dc.date.issued2020-07-28
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1071
dc.description.abstractKecerdasan emosional (EQ) yaitu kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati, berempati serta kemampuan bekerjasama. Artinya kecerdasan emosional juga akan memiliki hubungan dengan penalaran, yang dapat dilihat dalam tindakan yang berbentuk lisan atau akademik. Pembelajaran drama mempunyai peran yang cukup penting untuk melatih peserta didik mengasah sisi-sisi kemampuan berekspresi dalam bidang seni. Terlebih lagi dalam aspek memerankan suatu tokoh dalam drama, dengan kemampuan memerankan tokoh drama siswa akan dapat mengasah mental mereka. Selain itu, dengan memerankan suatu tokoh dalam drama siswa dapat menyelami berbagai karakter dari berbagai tokoh dalam drama. Dengan begitu, siswa akan terlatih untuk dapat terus mengaktualisasikan diri di dalam lingkungannya. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional, keterampilan memerankan tokoh dalam drama, dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan keterampilan memerankan tokoh dalam drama pada siswa kelas XI MAN 1 Malang Tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Peneliti menggunakan metode perhitungan dari tata tata jenjang. Dalam pengumpulan data kecerdasan emosional menggunakan angket yang didasarkan pada teori Daniel Goleman. Sedangkan untuk mengukur keterampilan memerankan tokoh dalam drama menggunakan metode tes yang diperankan oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan keterampilan memerankan salah satu tokoh dalam drama. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai koefisien korelasi sebesar 0,650. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan harga rho tabel dalam taraf signifikan 0,05 dengan N=36 (jumlah sampel) adalah 0,329. Karena r statistik lebih besar dari r tabel product moment (0,650 > 0,329), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan keterampilan memerankan salah satu tokoh dalam drama. Jadi dapat diambil kesimpulan semakin tinggi nilai rho statistik, maka akan semakin tinggi pula tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik dan matang, ia akan mampu memerankan salah satu tokoh drama secara lebih baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectMemerankan Tokohen_US
dc.subjectDramaen_US
dc.titleHubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Memerankan Tokoh dalam Drama Siswa Kelas XI MAN 1 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record