View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI MA Muallimat Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.609Mb)
Fulltext (2.513Mb)
Date
2024-06-28
Author
Jamal, Naila
Metadata
Show full item record
Abstract
Literasi dan kemampuan menulis merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi peserta didik. Dengan seringnya berliterasi menjadikan siswa lebih banyak memiliki wawasan untuk menciptakan suatu karya tulisan seperti cerita pendek. Hasil karya tulisan ide maupun gagasan diperoleh berdasarkan seberapa banyak kosakata, banyaknya pengetahuan dan inspirasi dari literasi siswa. Untuk memiliki keterampilan menulis diperlukannya pemahaman di berbagai bidang kebahasaan dan di luar bahasa yang akan menjadi tulisan sehingga membuat keterampilan menulis menjadi sulit dipelajari dari pada keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis tidak akan tercapai apabila belum mengusai keterampilan membaca, menyimak, berbicara sebagai keterampilan penunjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI MA Muallimat Malang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA Muallimat Malang yang berjumlah 71 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain ex post facto serta analisis regresi sederhana dengan mengumpulkan data yang terukur secara numerik yang kemudian dianalisis. Hasil dari penelitian ini kemampuan menulis cerpen di kelas XI MA Muallimat Malang memiliki kategori cukup tinggi dimana dapat dilihat dari mayoritas siswa kelas XI yang memiliki kemampuan baca tulis tinggi dengan hasil 0,570 atau (57%). Terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel tingkat literasi terhadap kemampuan menulis cerita pendek, hal ini menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki literasi membaca yang baik cenderung memiliki kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang tidak memiliki literasi membaca yang baik. Oleh karena itu, literasi perlu diberikan perhatian yang serius dalam pendidikan dan pengajaran unutuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Kata Kunci: Literasi, Keterampilan Menulis, dan Cerita Pendek
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10722
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group