Show simple item record

dc.contributor.authorIndah, Fitrotin Nurin
dc.date.accessioned2025-02-19T02:11:07Z
dc.date.available2025-02-19T02:11:07Z
dc.date.issued2024-07-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10724
dc.description.abstractSiswa menunjukkan kesadaran metakognitif yang rendah sehingga siswa kesulitan dalam mengendalikan proses berpikir siswa pada mempelajari materi trigonometri serta kecemasan matematika tinggi sehingga siswa d merasa tertekan saat menghadapi materi trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara kebutaan metakognitif dan kecemasan matematika pada materi trigonometri kelas X SMK Ahmad Yani Jabung. Pendekatan yang digunakan adalah Mixed Methods adalah metode penelitian antara metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ahmad Yani Jabung yang beralamatkan di Jalan Raya Sukolilo No.02, dusun Gandon Timur, Sukolilio, kec. Jabung, kabupaten Malang, Jawa Timur. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan metakognitif untuk mengetahui kebutaan metakognitif siswa, tes kecemasan matematika, observasi dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah 25 siswa untuk tes kemampuan metakognitif dan tes kecemasan matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik untuk menguji data dengan cara membandingkan hasil tes kemampuan metakognitif dan tes kecemasan matematika. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa pada tes kemampuan metakognitif memiliki kebutaan metakognitif, dibuktikan subjek belum bisa melakukan langkah selanjutnya untuk mengerjakan soal-soal tes kemampuan metakognitif materi trigonometri, subjek belum mampu menyusun dan menjelaskan pada penyelesaian tes kemampuan metakognitif. Untuk tes angket kecemasan matematika memiliki kecemasan pada saat mengerjakan soal tes kemampuan metakognitif. Cemas, gelisah saat mengerjakan soal, subjek cenderung bingung dan takut bila soal tersebut salah bahkan subjek merasa takut untuk bertanya pada guru maupun teman-temannya. Kebutaan metakognitif dan kecemasan matematika pada materi trigonometri memiliki hubungan atau keterkaitan. Hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif sebagai berikut nilai sig 2-tailed uji korelasi yang menghubungkan kebutaan metakognitif dan kecemasan matematika sebesar koefisien korelasi angka 0,848 terdapat rentang pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,76 – 0,99 (hubungan sangat kuat). Kata Kunci : Kebutaan, Kecemasan, Keterkaitan, Matematika, Metakognitifen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKebutaanen_US
dc.subjectKecemasanen_US
dc.subjectKeterkaitanen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectMetakognitifen_US
dc.titleKeterkaitan antara Kebutaan Metakognitif dan Kecemasan Matematika pada Materi Trigonometri Kelas X Farmasi di SMK Ahmad Yani Jabungen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record