dc.description.abstract | Penerapan Program Pelayanan Berbasis E-Government melalui Aplikasi Nganjuk Smart City yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk lewat Diskominfo menjadi terobosan inovasi yang baik bagi pelayanan masyarakat Kabupaten Nganjuk, dimana masyarakat lebih dimudahkan dalam menerima pelayanan melalui media elektronik, sehingga diharapkan pelayanan yang akan diberikan lebih efektif dan efisien. Namun, Pada proses penerapan Aplikasi Nganjuk Smart City berdasarkan problem empiris dari data sekunder secara umum dalam proses pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan, mulai dari tingkat kepahaman sumber daya manusia, sosialisasi, dan development aplikasi
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif berpendekatan kaulitatif dengan teknik analisa data model milles huberman yang meliputi, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Untuk menganalisa Efektivitas Program Pelayanan melalui Aplikasi “Nganjuk Smart City” di Kabupaten Nganjuk, dalam penelitian ini berfokus pada tiga indikator pengukuran Efektivitas yang meliputi, Adaptasi, Integrasi, dan yang terakhir Produksi. Kemudian faktor pendukung dan penghambat dari efektifitas pelayanan Aplikasi Nganjuk Smart City itu sendiri baik dari sisi internal organisasi maupun eksternal organisasi.
Kesimpulan dari penelitian ini, Kabupaten Nganjuk dalam pelayanan publik berbasis E-Government melalui Aplikasi Nganjuk Smart City, hasil analisis dari peneliti menemukan bahwa proses pelayanan sudah berjalan cukup efektif. Akan tetapi masih terdapat beberapa catatan penting dalam penerapan Aplikasi Nganjuk Smart City di Kabupaten Nganjuk, yaitu dalam proses adaptasi masyarakat dan juga proses integrasi berupa sosialisasi yang masih kurang menyeluruh, sehingga masih cukup banyak masyarakat di Kabupaten Nganjuk yang masih belum mengetahui adanya Aplikasi Nganjuk Smart City. Untuk saran yang bisa diberikan dari penelitian ini adalah, upaya peningkatan Sumber Daya Manusia terutama pada masyarakat sebagai pengguna aplikasi dan juga pemerintah harus lebih intens dalam melakukan sosialisasi perihal tersedianya pelayanan publik berbasis Elektronik yaitu Aplikasi Nganjuk Smart City agar pelayanan pemerintah berbasis Elektronik bisa lebih optimal.
Kata Kunci : Efektifitas, Pelayanan, Aplikasi Nganjuk Smart City | en_US |