Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato dengan Teknik Drill and Practice pada Siswa Kelas 9 di MTs Darus Sholichin Malang
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa inodensia di sekolah, ada empat kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Empat dasar kemampuan tersebut meliputi kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat kemampuan dasar berbahasa tersebut harus dikuasai oleh siswa agar siswa mampu mengungkapkan pikiran, mengekpresikan perasaan, mengungkapkan gagasan, dan mampu mengungkapkan pikiran, mengekpresikan perasaan, mengungkapkan gagasan, dan mampu berinteraksi dalam masyarakat salah satu kemampuan dasar berbahasa tersebut tidak kalah penting adalah keterampilan menulis. Menulis pada hakekatnya adalah suatu penguasaan keterampilan yang membutuhkan suatu proses, kegiatan social, berkembang, terkait erat dengan membaca, dan bermanfaat membangun makna.
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana Peningkatan kemampuan menulis teks pidato dengan teknik menulis Drill and Practice. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks pidatodengan teknik menulis bebas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan prosedur penelitian dengan ini melalui tahapan-tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini berupa proses dan hasil belajar menulis teks pidao kelas 9 Mts Darus Sholichin Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode Practice and Drill dalam meningkatkan keterampilan menulis teks pidato pada siswa Kelas 9 di MTs Darus Sholichin Malang. Metode Practice and Drill merupakan pendekatan yang berfokus pada latihan berulang-ulang untuk memperkuat kemampuan spesifik melalui pengulangan dan praktek langsung. Dalam penelitian ini, siswa diberikan serangkaian latihan yang berkelanjutan dan diarahkan untuk menulis teks pidato dengan berbagai topik. Penggunaan metode ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam struktur, kosakata, tata bahasa, dan kejelasan penyampaian ide. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis teks pidato siswa setelah diterapkannya metode practice and drill. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam rasa percaya diri dan kemampuan berbicara di depan umum. Dengan demikian, metode Practice and Drill dapat dianggap sebagai salah satu strategi yang efektif dalam pembelajaran menulis teks pidato di tingkat Kelas 9 Di MTs Darus Sholichin Malang.
Hasil penelitian meningkatkan kemampuan menulis teks pidato menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menulis teks pidato setiap siswa dalam aspek yang terdapat di dalamnya mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Kemampuan menulis teks pidato siswa kelas 9 Mts Darus Sholichin Malang. Adapun skor pada tiap-tiap aspek di dalam kemampuan menulis teks pidato. Yang kondisi awal Masih rendahnya keterampilan siswa terhadap pembelajaran menulis teks pidato sampai siswa sudah bisa menulis teks pidato dengan kreatif. Hal ini membuktikan Penelitian meningkatkan menulis teks pidato ini berhasil dengan Metode Drill and Practice dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Gambaran proses pembelajaran siswa sebelum penerapan metode Drill And Practice atau tes awal belum mencapai nilai ketuntasan KKM. Jumlah siswa yang mecapai ketuntasan 6 orang dengan kriteria ketuntasan (40%) dan siswa yang tidak tuntas 9 orang dengan kriteria tidak tuntas (60%) orang dengan perolehan rata- rata 55.00.sehingga peneliti melanjutkan penelitian ke siklus berikutnya. 2). Penerapan metode Drill And Practice dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di di MTs Darus Sholichin Malang mengalami kemajuan hasil belajar.pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 7(47%) siswa dari 15 jumlah siswa dengan rata-rata 72,86 sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 13(87%) siswa dari 15 siswa dengan perolehan rata-rata 83,00, Penerapan metode Drill And Practice dapat meningkatkan kemampuan menulis Pidato siswa.
Kesimpulannya, metode practice and drill terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks pidato siswa kelas 9 di MTs Darus Sholichin Malang. Disarankan agar metode ini diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan menulis mereka secara lebih baik.
Kata Kunci : Kemampuan menulis, teks pidato, metode menulis bebas