Pengembangan Media Pembelajaran Flip Flap Book Series pada Materi Teks Puisi Rakyat untuk Mendukung Minat Tulis Peserta Didik Kelas VII SMP An Nashr Kecamatan Wajak
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pemilihan media pembelajaran perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan, guru bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII SMP An Nashr Kecamatan Wajak setuju dengan pengembangan media pembelajaran Flip Flap Book Series untuk mendukung minat tulis dan memudahkan pembelajaran pada materi teks puisi rakyat. Media pembelajaran Flip Flap Book Series dirancang dan didesain secara menarik dan interaktif dari materi, contoh, latihan soal, dan refleksi diri sesuai kurikulum Merdeka, dan dikaitkan langsung dengan karakteristik peserta didik secara kontekstual agar mudah dipahami.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan produk, kelayakan, dan respon minat tulis peserta didik terhadap media pembelajaran Flip Flap Book Series pada materi teks puisi rakyat. Model pengembangan diadaptasi dari Borg and Gall melalui 7 tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk dan materi, validasi desain, revisi desain, uji coba, dan produksi terbatas. Subyek validasi terdiri dari 1 ahli materi dan bahasa, serta 1 ahli media, lalu diujicoba oleh 1 guru bahasa Indonesia, dan 24 peserta didik kelas VII. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Secara umum, hasil pengembangan media pembelajaran Flip Flap Book Series terdiri dari 5 buku yang urut dengan tema pertama tentang pemantik pembelajaran puisi rakyat secara umum, kedua pantun, ketiga gurindam, keempat syair dan mantra, dan kelima kumpulan soal, dengan desain yang menarik, gambar dimensi berwarna, multimedia interaktif, dan integrasi kode QR.
Berdasarkan data hasil validasi produk, dapat dinyatakan bahwa hasil kriteria kelayakan dari validator ahli materi dan bahasa sangat layak dengan persentase 88,75%, validator ahli media sangat layak dengan persentase 98,75%, guru bahasa Indonesia sangat layak dengan persentase 96%, dan hasil respon peserta didik memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase 91,38%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flip Flap Book Series terbukti sangat layak untuk mendukung minat tulis peserta didik terhadap materi teks puisi rakyat.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Flip Flap Book Series, Minat Tulis, Teks Puisi Rakyat, SMP An Nashr, Borg and Gall