Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Teks Ulasan Film/Drama untuk Siswa Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang
Abstract
Pengembangan media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama untuk siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang diharapkan dapat menambah variasi media pembelajaran dan membantu siswa untuk lebih interaktif dalam proses belajar teks ulasan film/drama dan karena juga mengetahui besar konstribusi media pembelajaran lectora dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada teks ulasan film/drama, serta mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran setelah siswa menggunakan media pembelajaran lectora inspire.
Proses pengembangan media pembelajaran lectora inspire dikembangkan melalui sepuluh tahapan pengembangan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal (produksi), 4) uji coba awal , 5) revisi produk, 6) uji lapangan, 7) revisi produk berdasarkan uji lapangan, 8) uji lapangan untuk menghasilkan produk yang lebih banyak, 9) revisi produk akhir, 10) desiminasi dan implementasi terhadap produk yang telah dikembangkan. Dari kesepuluh langkah tersebut disederhanakan sesuai dengan kebutuhan peneliti. Penyederhanaan ini tentunya mengacu pada ketentuan pengembangan produk yang sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan oleh Borg dan Gall. Penyederhanaan tersebut meliputi: 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) pengembangan produk awal, 3) uji coba awal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research and Development sesuai dengan langkah-langkah Borg dan Gall penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket yang sesuai dengan kelayakan media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama untuk siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang.
Lectora inspire merupakan salah satu perangkat lunak dalam bentuk software yang digunakan sebagai pengembang konten elektronik dan juga dapat digunakan untuk membuat presentasi maupun media pembelajaran, media lectora inspire ini kita dapat menggunakannya dalam menyiapkan bahan ajar atau program presentasi maupun program aplikasi baru. Didalam lectora inspire ini didukung oleh beberapa fitur yang sangat menunjang untuk penyusunan media pembelajaran. fitur-fitur ini yaitu snagit, camtasia, dan fly paper.
Teks ulasan adalah teks yang mengulas karya orang lain dengan isi berupa tanggapan kelebihan, kekurangan, maupun sekilas isi dari dari karya tersebut. Teks ulasan juga masih berkaitan dengan teks resensi yaitu mempunyai isi sama dalam hal penilaian.
Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran lectora inspire sangat seseuai/ sangat baik dan sangat layak untuk digunakan, berdasarkan hasil validasi ahli media mendsapat nilai dalam bentuk presentase sebesar 76%, aspek validasi ahli materi dengan presentase sebesar 78%, uji coba terbatas pada guru memperoleh presentase sebesar 90% dan presentase 87,69% pada siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama pada siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang sangat sesuai, sangat baik dan sangat layak untuk digunakan.
Proses pengembangan media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama untuk siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang meliputi pengumpulan data yang terdiri dari penyebaran angket kebutuhan siswa dan guru. Setelah melakukan proses analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama selanjutnya, pengembangan produk awal yaitu langkah pembuatan draf awal yang mencakup penyusunan, bahan-bahan materi sampai evaluasi,dan hasil pengembangan media pembelajaran berupa produk media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama untuk siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang untuk mengetahui layak atau tidaknya media pembelajaran digunakan.