Show simple item record

dc.contributor.authorKinanti, Priya Wulan
dc.date.accessioned2025-02-25T02:44:43Z
dc.date.available2025-02-25T02:44:43Z
dc.date.issued2024-07-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10777
dc.description.abstractLiterasi matematis memainkan peran penting dalam membantu peserta didik memahami matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, banyak peserta didik memiliki kemampuan literasi matematis yang rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru matematika kelas VII di MTs Al-Maarif 01 Singosari. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan masih terbatas, dengan peserta didik yang cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) berbasis video pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran IDEA berbasis video pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik pada materi garis dan sudut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Dengan menggunakan pendekatan pretest-posttest control group design yang melibatkan dua kelompok sampel, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Dimana, diperoleh kelas VII-D dan kelas VII-E sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan yaitu hasil pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan software SPSS 25 for windows dengan melakukan uji independent sample t-test dan perbandingan dan . Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IDEA efektif terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan hasil uji beda rata-rata data posttest diperoleh nilai Sig 0,038 < 0,05 dan hasil uji efektivitas data posttest diperoleh hasil > ataui 2.123 > 1.672. Yang artinya kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Model pembelajaran IDEA ini dapat dilakukan oleh pendidik untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Rekomendasi penelitian selanjutnya dapat meneliti dengan menggunakan materi yang lain pada jenjang lebih tinggi khususnya tingkat SMA/MA sederajat atau Perguruan Tinggi. Kata kunci: model pembelajaran IDEA, video pembelajaran, literasi matematis, garis dan suduten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectmodel pembelajaran IDEAen_US
dc.subjectvideo pembelajaranen_US
dc.subjectliterasi matematisen_US
dc.subjectgaris dan suduten_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Apply) Berbasis Video Pembelajaran terhadap Literasi Matematis Peserta Didik pada Materi Garis dan Sudut Kelas VIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record