dc.description.abstract | Tanaman hortikultura meliputi sayuran, buah-buahan, tanaman hias, dan tanaman biofarma, merupakan jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Salah satu komoditas hortikultura yang sedang berkembang adalah sayuran hidroponik, yang dikenal karena kualitasnya yang lebih segar dan bersih dibandingkan dengan sayuran konvensional. Permintaan sayuran hidroponik di Indonesia terus meningkat, dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya harga, pendapatan, usia, jumlah anggota keluarga, selera, biaya hidup, dan pendidikan. Bauran pemasaran (Marketing Mix) memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Bauran pemasaran yang efektif menggabungkan semua unsur campuran menjadi program pemasaran yang terpadu dan terencana, yang bertujuan untuk memberikan nilai kepada konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. Keputusan pembelian adalah proses yang dilakukan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Kepuasan konsumen bergantung pada seberapa baik produk dan layanan memenuhi harapan mereka. Kualitas produk dan layanan, termasuk kemasan, harga, kesabaran karyawan, penjelasan masalah, kecepatan layanan, dan pengetahuan tentang produk, semuanya mempengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen. Dengan demikian, perusahaan yang mengelola bauran pemasaran dengan baik dan memberikan layanan yang memuaskan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap produk sayuran hidroponik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian, kepuasan dan loyalitas konsumen sayuran hidroponik Kelompok Tani Brayat Minulyo Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan jenis korelasional, dimana peneliti memusatkan perhatian pada aspek tertentu dan menunjukkan hubungan antar variabel. Teknik tempat pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis non-probability sampling. Accidental sampling merupakan metode pengambilan sampel yang akan digunakan dengan teknik penentuan sampel secara kebetulan bertemu dengan peneliti, dari data tersebut akan digunakan sebagai sampel apabila dipandang orang tersebut cocok sebagai sumber data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian menggunakan rumus Maholtra. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan bantuan tabulasi dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software yaitu Microsoft Office Excel version 2112, Smart PLS 3.
Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen di Kelompok Tani Brayat Minulyo Kota Malang dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bauran pemasaran meliputi (X1, X2, X3, X4, X5 ,X6, dan X7) terhadap keputusan pembelian, kepuasan dan loyalitas konsumen. Hal tersebut dapat dibuktikan oleh nilai t-statistic dan p-values, bauran pemasaran yang direpresentasikan dari bauran pemasaran yaitu product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence memiliki koefisien jalur terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.897dengan nilai t-statistic sebesar 22.791 dan p-values sebesar 0.000. Koefisien jalur terhadap keputusan pembelian sebesar 0.955 dengan nilai t-statistic sebesar 66.783 dan p-value sebesar 0.000 dan koefisien jalur terhadap loyalitas konsumen sebesar 0.930 dengan nilai t-statistic sebesar 45.166 dan p-value sebesar 0.000. Hal tersebut membuktikan bahwa pengaruh variabel Bauran Pemasaran tersebut dikatakan signifikan karena p-values <0,05 dan nilai statistic >1,96 maka secara statistik Ho ditolak atau Ha diterima, sehingga bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence dapat berpengaruh secara signifikan dan dapat meningkatkan keputusan pembelian, kepuasan serta loyalitas konsumen sayur hidroponik Kelompok Tani Brayat Minulyo Kota Malang.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, saran yang dapat diberikan peneliti terhadap Kelompok Tani Brayat Minulyo telah memiliki bauran pemasaran yang sangat baik dan dikarenakan hal tersebut Kelompok Tani Brayat Minulyo sudah memiliki konsumen yang Loyal terhadap brand sayuran Kelompok Tani Brayat Minulyo,dengan mempertahankan performa dan menjaga kualitas produk Kelompok Tani Brayat Minulyo dapat menjaga para konsumen agar tetap membeli di sayuran Kelompok Tani Brayat Minulyo.
Kata Kunci : Pengaruh, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Kepuasan, dan Loyalitas Konsumen Sayur Hidroponik, Kelompok Tani, Brayat Minulyo Kota Malang
| en_US |