Abstract:
Konteks penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan konsep
peningkatan ketaqwaan peserta didik, pelaksanaan konsep ketaqwaan
peserta didik dan mengetahui hasil dari konsep yang telah dilaksanakan
oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ketaqwaan
peserta didik di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo. karena peneliti ingin
membuktikan bahwa anak berkebutuhan khusus juga dapat melaksanakan
kegiatan peribadatan layaknya anak normal pada umumnya.
Sehubungan dengan itu peran guru dalam meningkatkan ketaqwaan
anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo sangatlah
penting guru mengupayakan melakukan pembiasaan dalam kegiatan
dalam peribadatan dengan tujuan meningkatkan ketaqwaan peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini
adalah studi kasus, yaitu studi penelitian yang meneliti tentang suatu
kasus yang dilakukan secara detail, mendalam (intensif), dan menyeluruh
mengenai berbagai bentuk peristiwa, situasi dan kondisi tertentu dan
penliti mengamati secara detail, mendalam dan menyeluruh.
Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan
adalah senjata yang paling efektif dalam menanamkan rasa ketaqwaan
serta daya peningkat ketaqwaan peserta didik berkebutuhan khusus.