Implementasi Pembelajaran Cooperative learning Dalam Membangun Efektivitas Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Matla’ul Huda

Show simple item record

dc.contributor.author Nadhirotul, Ulfa
dc.date.accessioned 2020-12-21T04:44:25Z
dc.date.available 2020-12-21T04:44:25Z
dc.date.issued 2020-07-06
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1087
dc.description.abstract Pendidikan agama islam menjadi karakteristik kurikulum yang ada di madrasah. Madrasah tsanawiyah memiliki mata pelajaran yang lebih rinci yaitu: Fiqih, Akidah Akhlak, Al-qur’an Hadits, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Dengan adanya mata pelajaran agama yang beragam guru dituntut untuk membangun suasana kelas yang efektif, agar peserta didik merasa senang dan nyaman, sehingga peserta didik dapat menyerap materi dengan baik. Dalam hal ini pemilihan model pembelajaran adalah salah satu faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran di kelas. Hal tersebut yang melatar belakangi guru fiqih Mts Matla’ul Huda menggunakan model pembelajaran cooperative learning, karna guru merasa terbantu untuk mengkondisikan kelas dengan menerapkan model pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative learning dalam membangun efektivitas pembelajaran di kelas 7B dan untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan model pembelajaran cooperative learning dalam membangun efektivitas pembelajaran di kelas 7B Mts Matla’ul Huda Penelitian ini dilaksanakan di Mts Matla’ul Huda dalam mata pelajaran fiqih. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Kemudian teknik pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, ada tiga macam uji kredibilitas yang digunakan yaitu perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Dalam penelitian ini, peneliti mengamati kegiatan inti yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Guru cenderung membagi kelompok peserta didik ketika pembelajaran. Di mulai dengan tanya jawab, penjelasan mengenai materi ajar, menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari, memberikan pertanyaan berupa permasalahan, kemudian membagi kelompok diskusi. Setelah mendapatkan jawaban dari diskusi, peserta didik diminta untuk mempresentasikan di depan bersama dengan kelompoknya. Dalam bab lain guru mengawali pembelajaran dengan cara yang sama yang membedakan adalah langkah pembentukan kelompok dan tugas yang di berikan dan ditutup dengan evaluasi pembelajaran dengan cara tanya jawab dan dilanjutkan dengan perumusan kesimpulan materi yang telah di pelajari bersama peserta didik. Guru juga mengevaluasi praktik siswa dalam kegiatan pembiasaan ubudiyah di sekolah yang vii dilakukan rutin setiap pagi. Dalam evaluasi praktik siswa guru mengevaluasi kedisiplinan dan prosedur sholat dan wudhu. Simpulan dari penelitian ini adalah beberapa metode dari model pembelajaran cooperative learning telah diterapkan guru yaitu Outside-Inside Circle dan The Power of Two. Dalam kegiatan inti guru menggunakan metode belajar kelompok yang menjadi karakteristik model pembelajaran cooperative learning. Hanya saja, ada perbedaan antara kegiatan inti pembelajaran guru dengan metode Outside-Inside-Circle dan The Power of Two. Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning dilakukan rutin setiap akhir pembelajaran. Guru mengevaluasi kedisiplinan, prosedur sholat dan wudhu pada kegiatan praktik peserta didik pada kegiatan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjama’ah yang dilakukan setiap pagi. Hal yang perlu diperhatikan untuk saran adalah sekolah melengkapi sarana prasaran dan menambah tenaga pendidik di sekolah Mts Matla’ul Huda agar proses pembelajaran bisa dilaksanakan dengan maksimal. Selanjutnya, guru dalam menggunakan metode dari model pembelajaran cooperative learning sebaiknya dilakukan secara utuh agar proses pembelajaran dapat terstuktur dan efektif en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Model Cooperative Learning en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Cooperative learning Dalam Membangun Efektivitas Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Matla’ul Huda en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account