Implementation of Google Classroom for Learning Islamic Religious Education in Class X C Multimedia at SMKN 03 Batu City

Show simple item record

dc.contributor.author Anggraeni, Devi A
dc.date.accessioned 2020-12-21T04:45:01Z
dc.date.available 2020-12-21T04:45:01Z
dc.date.issued 2020-07-06
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1088
dc.description.abstract Tahun 2020 ini adalah tahun yang berat bagi dunia pendidikan. Karena terdapat pandemic yang manghalangi siswa bertatap muka di Lembaga sekolah masing-masing. setiap sekolah yang berada pada zona merah tidak diperbolehkan masuk untuk bertatap muka dengan siswa. untuk memutus rantai pandemi ini pemerintah kota batu meminta pada setiap lembaga pendidikan untuk belajar dari rumah menggunakan teknologi pemebelajaran sesuai dengan anjjran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Dalam penerapan pembelajaran PAI kelas 10 daring yang dipilih guru SMKN 03 Kota Batu adalah penugasan yang menggunakan Google Classroom sebagai medianya. Guru menggunakan media ini karena di rasakan mudah dalam membagikan tugas menyesuaikan dengan kebutuhan guru. Dalam observasi awal yang dilakukan peneliti terdapat kurang lebih dari 6 siswa dari 23 siswa yang tidak mengumpulkan tugas sesuai dengan tenggat waktu. Dari latar belakang yang dikemukakan peneliti diatas dapat disimpulkan bahwa rumusan masalah dalam penelitian kali ini adalah: rancangan metode penugasan melalui Google Classroom , penerapan metode penugasan melalui Google Classroom, dan efektifitas hasil metode penugasan melalui Google Classroom dalam pemblejaran PAI Kelas X C Multimedia SMKN 03 Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan metode penugasan melalui Google Classroom , penerapan metode penugasan melalui Google Classroom, dan efektifitas hasil metode penugasan melalui Google Classroom dalam pemblejaran PAI Kelas X C Multimedia SMKN 03 Batu Untuk mencapai tujuan penelitian ini peneliti nmenggunakan jenis penelitian Kualitatif. Prosedur pengupulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui bagaimana interaksi atau aktivitas yangterdapat pada kelas virtual melalui Google ClassroomWawancara yang dipilih menyesuaikan dengan subject, dan data yang didapat saat wawancara digunakna untuk melengkapi data observai dan dokumentasi. Dokumentasi digunakna untuk melengkapi informasi yang perlu bukti real. Dan berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rancangan metode penugasan yang dilakukan guru adalah mnegubah RPP sesuai dengan kelas online dan menyiapkan akun Google Classroom. Tidak hanya itu guru juga menyiapkan materi dan juga soal menyesuaikan pemahaman siswa. dalam 12 penerapannya siswa dan guru mengalami banyak kendala mulai dari pemehaman tidak sesuai kemampuan siswa karena meteri yang kebanyakan berupa video dan juga siswa yang terbiasa bertatap muka. Siswa juga banyak yang terkendala oleh sinyal yang kurang bagus, ataupun paket data yang habis. Guru juga sulit dihubungi melalui Google Classroom sehingga siswa harus menghubungi melalui WA. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran adalah sekolah harus membangun komunikasi dengan Guru mata pelajaran karena bagaimanapun yang mengetahui bagaimana kendala dan karakter siswanya adalah guru sehingga siswa bisa mendapat hasil yang sesuai dengan kemampuan siswa itu sendiri. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Learning, Islamic Religious Education en_US
dc.title Implementation of Google Classroom for Learning Islamic Religious Education in Class X C Multimedia at SMKN 03 Batu City en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account